Ratusan Umat Katolik Ikuti Prosesi Jalan Salib di Keuskupan Agung Jakarta

Umat Katolik mengikuti prosesi Jalan Salib ibadat Jumat Agung pada perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (29/3/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ANTARA.

Suara Kalbar-Sebanyak kurang lebih 500 jemaat mengikuti prosesi Jalan Salib ibadat Jumat Agung pada perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (29/3/2024).

“Kalau ibadah Jalan Salib biasanya tidak seperti misa atau ibadat yang utamanya, karena ini adalah renungan pengantar. Untuk Jalan Salib pagi hari dan kita bisa lihat mungkin ini sekitar 500 orang,” kata Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwadie dilansir dari Antara.

Dijelaskan Susy, hari ini Gereja Katedral memasuki ibadat yang disebut Jumat Agung di mana meliputi sebuah prosesi renungan, yakni mengenai kisah sengsara dari wafatnya Kristus atau disebut Jalan Salib Kreatif. Prosesi Jalan Salib Kreatif diperankan oleh kurang lebih 60 orang muda-mudi Gereja Katedral dengan 25 orang diantaranya merupakan para aktor, sedangkan sisanya meliputi sutradara dan kru.

Makna utama dari prosesi Jalan Salib adalah mengajak umat untuk merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus yang akhirnya wafat di salib untuk menebus dosa para manusia. Setelah prosesi Jalan Salib, ibadat Jumat Agung pada perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral nantinya dilanjutkan dengan tiga misa, yakni pukul 12.00, 15.00, dan 18.00 WIB.

Susy mengatakan pihaknya telah menyediakan sebanyak 2.700 kursi bagi jemaat yang ingin melaksanakan misa di Gereja Katedral dengan 800 kursi di antaranya berada di dalam gereja.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS