Landak  

Pemkab Landak Gelar Lokakarya 7 Guru Penggerak Angkatan 9 

Lokakarya 7 Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Landak Tahun 2024. SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Landak. 

Landak (Suara Kalbar)– Pemerintah Kabupaten Landak laksanakan Lokakarya 7 Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Landak Tahun 2024 dengan tema ‘Festival Panen Hasil Belajar’.

Kegiatan itu dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Nikolaus, mewakili Pj. Bupati Landak di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Selasa (23/04/2024).

Dalam sambutannya, Staf Ahli, Nikolaus mengatakan program pendidikan guru penggerak sebagai program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 6 bulan bagi Calon Guru Penggerak (CGP).

“Melalui program ini, Kemendikbud Ristek mengajak para guru-guru terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan indonesia khususnya pendidikan di Kabupaten Landak,” tutur Nikolaus.

Program pendidikan guru penggerak ini juga merupakan rangkaian kebijakan merdeka belajar, di mana para guru dipersiapkan sebagai guru-guru terbaik di Kabupaten Landak untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran.

“Saya berharap para Calon Guru Penggerak ini memiliki kompetensi dalam pengembangan diri, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah,” ujar Nikolaus.

Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, dan Pasal 13 Permendikbud Ristek Nomor 26 Tahun 2022 tentang Guru Penggerak bahwa sertifikat guru penggerak digunakan untuk pemenuhan salah satu persyaratan sebagai kepala sekolah, pengawas sekolah, atau penugasan lain di bidang pendidikan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Landak memiliki harapan besar agar semua peserta lulus dalam program tersebut dalam pemenuhan kebutuhan kepala sekolah maupun pengawas sekolah di Kabupaten Landak. Sehingga selanjutnya dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Landak.

Nikolaus berpesan kepada para Calon Guru Penggerak untuk dapat menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah, dan berharap para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berkomitmen serius terhadap pendidikan di Kabupaten Landak.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Landak, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Landak beserta jajarannya, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Barat beserta jajarannya, Komunitas Belajar Guru Kabupaten Landak, Penanggung Jawab Guru Penggerak Kabupaten Landak, Pengawas dan Kepala Sekolah Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Landak, Panitia, Pengajar Praktik, Calon Guru Penggerak dan undangan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS