Opini  

Pendidik Harus Kreatif dan Inovatif

bayu

Oleh: Bayu, M.Pd

Pendidik adalah orang yang mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan baru bagi orang lain secara konsisten serta berkesinambungan.

Pendidik juga merupakan salah satu tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pendidik adalah orang yang mendidik. Pengertian tersebut memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam dunia pendidikan.

Kedudukan pendidik dalam pendidikan merupakan satu di antara dari tiang utama untuk bisa terlaksananya pendidikan. Tidak bisa dimungkiri, sebuah proses pendidikan tidak akan bisa berjalan tanpa ada yang mendidik atau tanpa seorang pendidik.

Dalam hal ini, pendidik mempunyai tanggung jawab dalam perkembangan peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh kompetensi yang dimiliki oleh peserta didiknya, seperti potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Menjadi seorang pendidik tentunya tidak mudah apalagi menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif di era digital. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidik dituntut untuk lebih menguasai informasi dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran.

Seorang pendidik harus memiliki keterampilan untuk dapat menarik perhatian peserta didik, pendidik harus terampil kreatif dan inovatif.

Dengan hadirnya para pendidik yang kreatif dan inovatif dalam pengajaran tentunya akan membuat pembelajaran semakin maju, menarik, menyenangkan sesuai yang dibutuhkan para peserta didik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menarik minat belajar peserta didik yaitu dengan senantiasa berinovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton dan lebih menarik perhatian peserta didik. Oleh karena itu, menjadi pendidik yang inovatif merupakan hal penting yang harus ada dalam diri seorang pendidik.

Menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif adalah sebuah tuntutan yang tidak bisa dielakkan. Pendidik sebagai garda terdepan pendidikan menjadi harapan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pendidik yang selalu berinteraksi dengan peserta didik diharapkan mampu membentuk kepribadian, memberikan pemahaman, mengembangkan imajinasi dan cita-cita, membangkitkan semangat, dan menggerakan kekuatan mereka untuk menggapai masa depan.

Pendidik dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan mengemasnya dalam pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pendidik juga harus mampu memanfaatkan teknologi digital dengan baik sehingga pembelajaran yang tercipta semakin modern.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS