Resmi Dibuka Border Tebedu, ini Persyaratan Perjalanan ke Malaysia

Border Malaysia resmi dibuka 1 April,prioritas keberangkatan ke Malaysia kunjungan berobat dan PMI resmi. (Suara Kalbar.co.id/Agus Alfian)

Entikong (Suara Kalbar)- Hari ini,1 April 2022 Pemerintah Malaysia untuk  Negara bagian Sarawak Malaysia, secara resmi membuka kembali perlintasan antar Negara. Pembukaan pintu perbatasan negara ini yang di sertai dengan sejumlah ketentuan dari pemerintah Kerajaan Malaysia.

Ketentuan yang diberlakukan khusus menyangkut protokol perjalanan lintas Negara sebagaimana ketentuan dari organisasi kesehatan dunia World Health Organization(WHO) yang diselaraskan mengikuti kebijakan dalam Negeri di Sarawak.

” Untuk masuk ke Malaysia melalui perbatasan Tebedu Serian, dibutuhkan sejumlah kententuan persyaratan yang menyangkut proses pendataan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) mengunakan aplikasi, status  Vaksinasi dan pengesahan hasil tes Covid-19 yang bersangkutan, termasuk  wajib memiliki asuransi kesehatan untuk perjalanan,” Kata Pegawai Perobatan Jabatan Kesehatan Bagian Serian, Dokter Edmund Jumat(1/4/2022)

Apabila di urai empat ketentuan yang wajib di penuhi oleh para pelaku perjalanan luar negeri masuk melalui ke Malaysia melalui Tebedu Serian sebagai antara lain, Download Aplikasi My Sejahtera, Memiliki Surat hasil Swab PCR dengan keterangan waktu 48 jam, sudah divaksin lengkap 1 ,2 dan 3 Booster serta membeli asuransi perjalanan luar Negeri mengcover Covid-19.

” Setiap pelaku perjalanan luar Negeri yang masuk melalui perbatasan Tebedu tersebut yang pertama harus mengakses Aplikasi My Sejahtera di pos pertama masuk dan mengusi sejumlah pertanyaan didalam aplikasi tersebut,” ujar Edmund.

Selalain melalui beberapa tahap pemeriksaan kelengkapan surat perjalanan luar Negeri, individu atau PPLN tersebut harus mengikuti tes Rapid Antigen dengan biasa sebesar 50 Ringgit Malaysia.

Apabila sudah dinyatakan negatif dan sudah membayar Asuransi perjalanan luar negeri Covid-19 sebesar 20 ribu Dolar AS, maka yang bersangkutan di persilahkan melanjutkan perjalanan sesuai dengan tujuan dan kebutuhanya di Malaysia