Gantikan Tenaga Manusia ke Sistem Digital, Laba Bersih PLN Langsung Naik Jadi Rp 13,17 Triliun

Logo PLN(Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – PLN meraih laba bersih yang telah diaudit sebesar Rp 13,17 triliun pada tahun 2021. Laba bersih itu, lebih tinggi dibanding laba bersih tahun 2020 sebesar Rp 5,99 triliun.

Laba bersih itu didapat dari penjualan listrik sepanjang 2021 sebesar Rp 288,86 triliun. Angka itu, juga naik 5,08% dibandingkan sepanjang tahun 2020.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Diah Ayu Permatasari, mengatakan, kenaikan penjualan tersebut imbas dari digitalisasi yang dilakukan perseroan yaitu PLN Mobile.

“Inilah digitalisasi pelayanan pelanggan yang dijalankan oleh PLN. Sehingga, sistem PLN yang sebelumnya manual dengan banyak intervensi manusia digantikan oleh sistem digital otomatis yang terotomatisasi dan cepat,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin (30/5/2022).Sebelumnya, proses bisnis PLN dinilai kompleks, lambat, terfragmentasi, berbelit-belit, tidak termonitor dan kurang terkontrol, tidak efisien dan lemah, dan manual.Setelah melalui proses transformasi, kini layanan PLN kepada pelanggan menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah, dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time.

Diah pun menambahkan, PLN juga menyematkan fitur ruang komunikasi antara unit-unit layanan PLN dengan tim pelayanan teknik di lapangan dan pelanggan. Alhasil, pelanggan kini bisa secara aktif memberikan penilaian kepada petugas yang berimbas kepada perubahan perilaku petugas ke arah yang semakin baik.

PLN juga menghadirkan dashboard sistem evaluasi kinerja bagi setiap petugas pelayanan teknik yang dapat dimonitor langsung oleh jajaran manajemen mulai dari tingkat Unit Layanan Pelanggan (ULP) hingga langsung oleh Direksi. Proses ini tentunya dibarengi dengan peningkatan komitmen dan kapasitas petugas PLN yang secara langsung melayani pelanggan di lapangan.

PLN mencatatkan penambahan dari 79 juta pelanggan pada 2020 menjadi 82,5 juta pelanggan pada 2021. Penambahan ini tentunya diiringi dengan naiknya daya tersambung pelanggan dari 143.159 Mega Volt Ampere (MVA) pada 2020, menjadi 151.985 MVA pada 2021.Proses ini menjadi tanda bahwa PLN sebagai jantungnya Indonesia semakin sehat. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, listrik mampu tumbuh lebih tinggi,” pungkas Diah.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Suara.comEditor: Ela priska