Upacara Hari Jadi Kota Sanggau Ke-406, Peserta Kenakan Pakaian Adat Nusantara

Pelepasan balon oleh Bupati Sanggau dengan bertuliskan Harjad Kota Sanggau Ke -406 usai Upacara.(Suara Kalbar.co.id/Darmansyah)

Sanggau (Suara Kalbar) – Bupati Sanggau, Paolus Hadi memimpin jalanya upacara puncak peringatan Hari Jadi Kota Sanggau Ke-406 di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin (4/4/2022).sedikit berbeda, kali ini baik Bupati maupu peserta upacara mengenakan pakaian adat sebagai keberagaman Nusantara.

Poulus Hadi sendiri dalam upacara ini mengenakan pakain adat dayak.ia mengenakan penutup kepala berhiaskan bulu burung enggang.

Usai upacara Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan, penggunaan pakaian adat Nusantara pada peringatan hari jadi ke-406 Kota Sanggau menunjukkan semangat keberagaman dan kebersamaan masyarakat.

” Hari ini istimewa, tadi kita sudah mendengar didalam Perda disebutkan bahwa peringatan hari jadi Sanggau menggunakan baju adat Nusantara. ini sanggat luar biasa,” ujarnya.

Diungkapkan Paolus Hadi, kendati belum mengenakan keseluruhan atribut adat dalam busana yang digunakan. namun, semangat peserta upacara menunjukkan keutuhan Indonesia yang dibalut keberagaman sangat ada.

“Saya lihat semangat itu ada, apalagi ibu-ibu, tidak gampang juga berdandan dengan pakaian adat, tetapi semua mau,” ungkapnya.

Bupati meminta dalam memperingati hari jadi Kota Sanggau dengan mengenakan pakaian adat nusantara terus dilakukan.terlebih, penggunaan pakaian adat pada peringatan hari jadi Kota Sanggau ada dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2016.

“Didalam Perda tersebut, lanjut Bupati, juga disebutkan bahwa tema peringatan hari jadi Kota Sanggau harus memberi semangat dan mendorong Sanggau menjadi lebih baik,” timpal Bupati dua periode itu.

Ia menyakini, bahwa kedepan, Sanggau lebih maju. banyak inovasi-inovasi untuk merayakan Hari Jadi Sanggau.

“Pesan saya kepada masyarakat Sanggau, jangan lupa sejarah, jangan lupa leluhur, hormati orangtua karena itulah untuk kita bisa maju,” tukas Paous Hadi.

Sementara itu Ketua DPRD Sanggau Jumadi mengatakan intinya kita bisa bersyukur dan meminta masyarakat untuk ikut berpartisifasi daam rangka memajukan Sanggau ini.

“Tidak hanya cukup eksekutif dan legeslatif tetapi peran serta masyarakat, apalagi dia punya pendidikan,punya inovasi silakan membantu kita membuat konsep bagaimana Sanggau bisa maju lagi,”Kata Jumadi.

Ditempat yang sama Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara H. Gusti Arman berharap dengan semakin dewasanya Kabupaten Sanggau bisa membawa masyarakatnya maju dan terdepan, bahagia, sejahtera serta aman dan damai daam melakukan aktifitas sehari-hari.

“yang utama harapan saya Selaku Raja Sanggau mengharapkan masyarakat Kabupaten Sanggau ini sejahtera untuk selama-lamanya,”ucap Gusti Arman.

Demikian juga Ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot, Ia mengajak untuk masrakat Sanggau untuk dapat menghargai para pahlawan dan leluhur.

“Bagaimanapun mereka berkontribusi dengan cara dan jamannya. Sebagai masyarakat kita harus sama-sama bergotong royong untuk keharmonisan kita di Kabupaten Sanggau ”tutup Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau.