31 Agustus, PSSI Mempawah Seleksi Pemain untuk Liga Nusantara

Pelatih Askab PSSI Kabupaten Mempawah, Coach Didin | Suarakalbar: Dian Sastra.

Mempawah (Suara Kalbar)-Kompetisi Liga III atau Liga Nusantara Kalimantan Barat tahun 2020 direncanakan bakal digelar pada Oktober di Kota Pontianak. Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Mempawah memastikan ikut serta.

Pelatih Askab PSSI Kabupaten Mempawah, Syafaruddin, mengatakan, pihaknya akan melaksanakan seleksi terbuka pemain dengan batas usia 18-25 tahun di Lapangan Galaherang Mempawah pada Senin (31/08/2020) pukul 15.30 WIB.

“Karena ini seleksi berlangsung terbuka, artinya siapa saja boleh ikut, baik pemain sepakbola Kabupaten Mempawah maupun luar daerah yang ingin merumput atas nama Askab PSSI Mempawah. Yang penting, surat-menyurat lengkap dan memenuhi segala persyaratan kami,” tegas pria yang akrab disapa Coach Didin ini.

Dalam seleksi tersebut, tambah Coach Didin, setiap pemain akan diuji kemampuan organisasi tim dan fisik. Dan yang ditekankan adalah dasar-dasar penguasaan teknik sepakbola, misalnya passing, kontrol, keeping/penguasaan bola dan lain sebagainya.

“Direncanakan seleksi akan berlangsung lima hari, mulai tanggal 31 Agustus hingga 4 September 2020. Tidak perlu mendaftarkan diri, para pemain bisa datang langsung ke Lapangan Galaherang Jalan Gusti Abdul Hamid Mempawah,” ungkap Coach Didin.

Namun yang penting adalah, para pemain yang ikut seleksi diminta mematuhi protokol kesehatan yakni mengenakan masker, kondisi kesehatan baik, menjaga jarak dan menyediakan handsanitizer untuk mencuci tangan.

Pada seleksi tahap pertama akan direkrut pemain berjumlah 24 orang, kemudian pada tahap kedua akan dikerucutkan menjadi 18-20 pemain tergantung kebutuhan tim.

Ditanya soal target tahun ini, Coach Didin mengatakan, terkait situasi daerah yang masih pandemi Covid-19, tentunya persiapan yang dilakukan tidak bisa optimal seperti tahun-tahun sebelumya.

“Karenanya, Askab PSSI Mempawah tidak mematok target juara, namun akan memberikan prestasi terbaik. Setidaknya, bisa seperti tahun lalu di Ketapang. Saat itu, kami bisa lolos ke semifinal dan meraih juara III bersama,” tukasnya.

Untuk melaksanakan persiapan mengikuti Kompetisi Liga III/Liga Nusantara ini, Coach Didin mengatakan, tim pelatih mendapat dukungan penuh dari Ketua Askab PSSI Mempawah, Muhammad Pagi, Wakil Ketua Ismayuda Imran, Sekretaris Mulyadi dan seluruh pengurus Askab PSSI Kabupaten Mempawah.

Penulis : Dian Sastra