Klinik Swasta di Ketapang, Masuk Nominasi Tiga Besar Terbaik Tingkat Nasional

Foto bersama di Balai Pengobatan milik PT Harapan Sawit Lestari Desa Ratu Elok Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang, Kalbar, Selasa (20/6/2023).[HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar)- Balai Pengobatan milik PT Harapan Sawit Lestari Desa Ratu Elok Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang, Kalbar masuk nominasi tiga besar klinik swasta terbaik tingkat nasional.

Balai pengobatan milik perusahaan perkebunan kelapa sawit itu akan masuk pada ajang lomba pelayanan KB terbaik di klinik swasta tingkat nasional dari regional 2 (Luar Jawa Bali I).

Direktur Bina Akses Pelayanan KB BKKBN, Zamhir Setiawan melakukan verifikasi lapangan di lokasi balai pengobatan perusahaan, Selasa (20/6/2023).

Dia memaparkan, ada empat penilaian yang menjadi sorotan, yaitu sarana gedung dan alat, ketersediaan alat kontrasepsi, tenaga kesehatan dan sistem pelayanan.

“Penilaian untuk lomba pelayanan KB terbaik di klinik swasta ini sudah berjalan sejak Februari secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten kemudian hasil terbaik kabupaten dikirim ke provinsi, barulah provinsi mengirimkan hasil klinik terbaiknya ke pusat. Untuk Kalbar terpilih PT HSL ini,” ujarnya, melansir dari Suaraketapang–Suara Media Network, Kamis(22/6/2023).

Ada empat poin utama pada penilaian ini. Pertama ketersediaan sarana gedung, alkon, kemudian ada tenaga kesehatan dan yang terakhir proses pelayanan KB sesuai SOP, mulai dari mereka mengatur sistem pelayanan hingga mengatur jadwalnya.

Setelah itu, ia juga melihat output cakupan KB di sini. Berapa jumlah peserta KB, jenis alkon yang digunakan apakah MKJP jangka panjang atau jangka pendek sampai pengecekan ruang persalinan.

“Kita juga tanyakan apakah mereka ada memberikan edukasi saat ibu tengah hamil,” katanya.

Ia juga melihat inovasi di klinik kesehatan swasta ini. Termasuk kerjasama pelayanan kesehatan pada pihak luar.

Dari informasi yang diperolehnya, klinik swasta ini juga memberikan pelayanan pada masyarakat luar termasuk karyawan dari perusahaan lain. Menurutnya, ini merupakan satu inovasi.

“Penilaian klinik swasta oleh BKKBN memang baru tahun ini dilaksanakan. Tujuannya juga sebagai upaya buat memotivasi dan apresiasi pada pihak swasta dalam mendukung pemerintah khususnya program KB,” paparnya.

Dia pribadi memiliki pengalaman sendiri ketika menuju ke lokasi ini. Perjalanan mulai dari Ketapang ke Manis Mata memakan waktu hingga enam sampai tujuh jam. Setelah sampai ke kebun ternyata pelayanan kesehatan yang diberikan pihak perusahaan sangat baik.

“Terima kasih buat pihak perusahaan,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS