Kabid PAPKIS Kemenag Kalbar Nahruji: Guru PAI Berperan Strategis Bentuk Karakter dan Akhlak Generasi Muda

Kepala Bidang PAPKIS Kemenag Kalbar Nahruji (tengah) foto bersama pejabat Kemenag Mempawah, Kemenag Bengkayang dan peserta Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di Aula PLHUT Kemenag Mempawah, Kamis (20/6/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Siradj Humas Kemenag

Mempawah (Suara Kalbar) – Kemenag Mempawah dan Kemenag Bengkayang berkolaborasi menggelar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI).

Kegiatan yang berlangsung di Aula PLHUT Kemenag Mempawah, Kamis (20/6/2024), dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kanwil Kemenag Kalbar, Nahruji.

Turut hadir, para pejabat penting serta para guru PAI Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Bengkayang.

Dalam sambutannya, Nahruji menekankan peran strategis guru PAI guna membentuk karakter dan akhlak generasi muda yang religius dan berintegritas.

“Guru PAI adalah garda terdepan dalam membina moral dan spiritual siswa. Oleh karena itu, peningkatan keprofesian mereka harus selalu menjadi prioritas,” ungkapnya.

Semangat dan komitmen para guru dalam mengikuti program ini menjadi modal berharga bagi kemajuan pendidikan di daerah mereka.

Nahruji menyebut, PPKB ini merupakan bagian dari upaya Kemenag dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat, dengan harapan agar guru-guru PAI semakin profesional dan kompeten dalam menjalankan tugas mulianya.

“Setelah kegiatan PPKB ini diharapkan para guru PAI Mempawah dan Bengkayang dapat terus berinovasi dan berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam,” imbuhnya.

Plh. Kepala Kemenag Mempawah, Ishak, turut hadir dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan program ini di Mempawah.

Menurutnya, kehadiran para pejabat dari Kanwil Kemenag Kalbar dan antusiasme para guru PAI dari Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Bengkayang merupakan indikasi positif terhadap komitmen bersama dalam memajukan pendidikan agama Islam.

Kegiatan juga dihadiri oleh pejabat eselon Kemenag kedua kabupaten menunjukkan sinergi dan kerjasama yang baik antara Kemenag Mempawah dan Kemenag Bengkayang dalam menyukseskan program PPKB.

Para guru PAI yang hadir tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang meliputi sesi workshop, diskusi, dan pelatihan yang dipandu oleh narasumber berpengalaman.

Salah satu peserta, Sri Wahyuni dari Kabupaten Mempawah, mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ini adalah kesempatan emas bagi kami untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan sesama guru PAI. Semoga ilmu yang kami dapatkan hari ini bisa kami terapkan di sekolah kami masing-masing,” tuturnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS