Erlina: Pujian Presiden Jokowi adalah Kebanggaan Seluruh Masyarakat Mempawah

Momen Presiden Joko Widodo menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di hadapan Bupati Erlina agar mengucurkan bantuan untuk RSUD dr Rubini Mempawah dalam rangkaian kunjungan kerja di Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Dok Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Kegigihan Bupati Mempawah periode 2019-2024 Erlina membangun gedung baru RSUD dr Rubini berbuah manis.

Saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Tanggerang Banten, Rabu (24/4/2024), Presiden Joko Widodo secara gamblang memuji bangunan dan tata graha RSUD dr Rubini Mempawah.

Bahkan di hadapan Menkes Budi Gunadi Sadikin, serta ratusan pejabat Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Presiden Jokowi memberi acungan jempol karena RSUD dr Rubini dibangun dengan APBD murni.

Itu artinya, rumah sakit kebanggaan Mempawah itu dibangun tanpa bantuan dana dari pihak manapun, baik Pemprov Kalbar maupun pemerintah pusat.

Kepada awak media di Mempawah, Erlina dengan nada rendah hati mengatakan bahwa pujian dari Presiden Jokowi tersebut adalah milik dan untuk masyarakat Kabupaten Mempawah tercinta.

“Tanpa dukungan DPRD, jajaran Forkopimda, OPD terkait, hingga seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah, RSUD dr Rubini tak akan bisa terwujud,” ujar Erlina, Kamis (25/4/2024) sore.

Pujian itu, lanjutnya, juga tak lepas dari kerja keras dan sikap profesionalisme manajemen rumah sakit, tim medis, paramedis serta seluruh pegawai RSUD dr Rubini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Erlina menceritakan, pembangunan gedung baru RSUD Rubini awalnya memang penuh tantangan.

Sebab baru beberapa bulan menjabat selaku Bupati Mempawah bersama almarhum Wabup Muhammad Pagi, Indonesia termasuk Mempawah dilanda pandemi global COVID-19.

“Pandemi ini memaksa kita semua untuk mengencangkan ikat pinggang dengan melaksanakan refocusing anggaran sesuai ketentuan dari pemerintah pusat. Namun saya bertekad pembangunan rumah sakit mesti tetap berlanjut,” tuturnya.

Pertimbangannya adalah kondisi bangunan RSUD dr Rubini yang lama tak lagi memadai untuk pelayanan kesehatan yang lengkap di masa depan guna menyambut Kota Mempawah menjadi sentra industri baru di Kalbar.

Sebab di saat yang sama, telah dibangun dua Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sungai Kunyit. Yakni Terminal Kijing dan SGAR PT BAI.

Belum lagi investasi pihak swasta dan perusahaan multinasional yang berlomba-lomba membangun banyak pabrik di Kabupaten Mempawah.

Erlina berharap dengan telah terbangun gedung baru RSUD dr Rubini Mempawah yang secara bertahap telah dilengkapi dengan alkes modern, serta nakes yang bekerja profesional, dapat menjawab segala kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang prima.

Terkait kunjungan Presiden Jokowi ke RSUD dr Rubini ternyata punya kisah tersendiri dan penuh perjuangan.

Sebab dalam kunker Presiden ke Kalbar, khususnya Mempawah, tidak ada agenda untuk meninjau rumah sakit.

Namun Erlina tak patah arang. Dengan iringan doa dan keyakinan, Erlina akhirnya bisa berbicara langsung dengan Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah beliau (Presiden Jokowi) langsung mengiyakan. Di rumah sakit, beliau antusias dengan kondisi RSUD dr Rubini,” paparnya.

Tak hanya itu, Erlina sempat mengaku terkejut saat Presiden menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar segera mengucurkan bantuan untuk RSUD Rubini Mempawah.

Tak hanya itu, Jokowi juga akan meningkatkan bantuan untuk Mempawah di sektor infrastruktur jalan dan air bersih.

Hal ini makin menyokong upaya Pemkab Mempawah yang tahun 2024 ini bertekad membangun sarana air bersih senilai Rp 90 Miliar, yang merupakan dana sharing Rp45 miliar dari APBD Provinsi Kalbar dan Rp45 miliar APBD Mempawah.

“Terima kasih atas dukungan dan doa seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mempawah selama lima tahun jabatan saya selaku Bupati Mempawah. Semoga apa yang telah kita perbuat untuk membangun daerah bernilai pahala di hadapan Allah SWT. Aamiin,” tutup Erlina.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS