Kagama Kalbar dan KKN-PMM UGM Galang Kebersamaan dalam Pelayanan Kesehatan Gratis

Kagama Kalbar dan KKN-PMM UGM Unit Sungai Kakap Berikan Manfaat Kesehatan Gratis untuk Warga Kubu Raya.[HO-Kagama Kalbar]

Kubu Raya (Suara Kalbar)- Ketua Umum Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Kalimantan Barat (Kagama Kalbar), dr. Harisson, bersama dengan  Istri Windy Prihastari, dan 25 anggota Kagama Kalbar, menjalin kolaborasi yang produktif dengan para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-PMM) Unit Sungai Kakap 2023.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, dalam bentuk kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis.

Para mahasiswa KKN-PMM Unit Sungai Kakap 2023 bergabung dengan Kagama Kalbar dalam menjalankan kegiatan ini, yang bertempat di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. PJ Kades Sungai Keladi, Suaidi, dan Camat Sungai Kakap, Junaedi Ashari, menyambut baik kehadiran dan inisiatif dari Kagama Kalbar serta menyatakan harapan agar KKN-PMM UGM dapat kembali berkontribusi di Sungai Kakap, terutama di Desa Parit Keladi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengda Kagama Kalbar, dr. Harisson, juga menyampaikan pesan dari Ketua DPP Kagama, Ganjar Pranowo.

“Kagama itu sing penting guyub, rukun, lan migunani (yang penting kompak, rukun, dan bermanfaat). Kita harus bermanfaat bagi masyarakat,” kata Harisson, Minggu (30/7/2023).

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis ini memberikan dampak positif bagi masyarakat di wilayah tersebut. Kagama Kalbar dan mahasiswa KKN-PMM UGM bekerja sama dengan pihak terkait dalam memberikan layanan kesehatan kepada warga yang membutuhkan.

Bagi Kagama Kalbar, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan insidental yang dikoordinatori Bidang Sosial Kemasyarakatan berupa bakti sosial (baksos). Meski tidak semua anggota Kagama Kalbar hadir, namun terasa guyub‘rukun’ untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Untuk pengadaan bahan habis pakai dalam kegiatan ini, para anggota mengumpulkan donasi.

Nakes dari Kagama Kalbar pun turut andil turun langsung dalam baksos ini. Bahkan Ketua Pengda Kagama Kalbar pun dengan semangat mengukur tensi warga yang datang untuk periksa dan berobat.

Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan insidental, sekalian mendukung kegiatan para mahasiswa KKN-PMM UGM di Kalbar. Ada 87 warga masyarakat Desa Parit Keladi yang turut dalam pemeriksaan dan pengobatan gratis ini.

Kagama Kalbar dan KKN-PMM UGM Unit Sungai Kakap menyediakan pemeriksaan tensi, golongan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, kadar asam urat, konsultasi kesehatan, dan pemberian obat gratis.

Dalam kaitannya dengan kesehatan, Kagama Kalbar membentuk JJS yaitu Jalan Jajan Sehat yang secara rutin diselenggarakan setiap 2 minggu sekali. Sudah 10 kali dilaksanakan JJS. JJS ini bukan hanya untuk jalan dan jajan saja, namun juga menjalin kerukunan, kekompakan, dan mendiskusikan hal-hal yang migunani bagi masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS