Perawat Luka Mempawah Wakili Kalbar di Kongres InWOCNA Yogyakarta

Jerry Fahrain, S.Kep., Ners. CWDCN, yang mewakili Kalimantan Barat mengikuti Kongres ke-5 Indonesian Wound Ostomy Continence Nurse Association (InWOCNA) pada 4-6 Februari 2022 di Yogyakarta. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Jerry Fahrain, Perawat di RSUD dr Rubini Mempawah, mewakili Kalimantan Barat mengikuti Kongres ke-5 Indonesian Wound Ostomy Continence Nurse Association (InWOCNA) pada 4-6 Februari 2022 di Yogyakarta.

Selain Jerry, ada seorang lagi delegasi Kalbar yang turut diundang dalam kongres perawat luka se-Indonesia tersebut, yakni Kharisma Pratama, yang merupakan Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak.

Haji Jerry, sapaan akrabnya, saat dihubungi SUARAKALBAR.CO.ID, Sabtu (5/2/2022) sore, membenarkan dirinya tengah berada di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, Kongres ke-5 InWOCNA ini beragendakan pemilihan Ketua Umum InWOCNA yang baru periode 2022-2027.

“Selain itu, juga digelar Seminar Luka yang tentu saja kami ikuti dengan sangat antusias dalam rangka menambah pengetahuan tentang perawatan berbagai jenis luka,” ujarnya.

Jerry yang juga owner Klinik Rumah Luka Procare Mempawah ini lebih lanjut mengatakan, kongres berlangsung di Hotel Grand Inna Malioboro.

“Alhamdulillah, kongres InWOCNA dibuka oleh Ketua Umum DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang diwakili oleh Ahmad Eru Safrudin,” katanya.

Salah satu tajuk menarik yang dibahas adalah perawatan luka, stoma dan kontinensia di tengah pandemi COVID-19 yang merupakan layanan yang esensial yang tidak bisa ditunda-tunda.

“Apabila pelayanan perawatan luka tertunda bisa menyebabkan infeksi berlanjut yang berdampak pada morbiditas dan mortalitas,” paparnya.

Karena itu lah, melalui kongres ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme para perawat dalam bidang perawatan luka, stoma dan kontinensia.

Sementara narasumber yang dihadirkan untuk berbagi pengalaman adalah para pakar di bidang masing-masing, lintas profesi, baik dalam maupun luar negeri.