Pj Wako Pontianak Harap Lewat FLS2N, Apresiasi Pada Seni Dapat Lebih Ditingkatkan

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. SUARAKALBAR.CO.ID/Prokopim Pontianak. 

Pontianak (Suara Kalbar)- Kontingen Kota Pontianak dominasi perolehan juara pertama pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Peserta yang berhasil meraih juara pertama, nantinya akan mewakili Provinsi Kalbar pada FLS2N Tingkat Nasional. Adapun cabang lomba yang berhasil diraih sebagai juara pertama antara lain:

Juara Gambar Bercerita yang diraih oleh Naveeza Khansa Andhea dari SD Mujahidin.

Juara Seni Tari dari SD Plus Gembala Baik, Juara Musik Tradisi SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak.

Juara Menyanyi Solo Maria Christabel Viona dari SMP Pelita Cemerlang.

Juara Pantomim SMP Negeri 03 Pontianak.

Juara Tari Kreasi SMP Negeri 03 Pontianak. Juara Ansamble Musik SMP Bruder.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menyampaikan apresiasinya kepada peserta yang berhasil meraih juara pada FLS2N Tingkat Provinsi Kalbar. Prestasi ini diharapkan bisa memacu semangat mereka untuk lebih giat lagi meningkatkan kompetensinya di tingkat yang lebih tinggi.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pontianak mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil meraih juara, persiapkan diri untuk mengikuti ajang FLS2N tingkat nasional mendatang,” ujar Ani Sofian, Jumat (21/6/2024).

Ani Sofian menilai capaian para siswa itu menunjukkan bakat dan prestasi yang luar biasa dalam berbagai cabang seni yang diperlombakan. Dia juga menekankan pentingnya peran seni dan budaya dalam pembangunan karakter serta identitas daerah.

Ia berharap bahwa prestasi yang telah diraih oleh siswa Kota Pontianak dapat menjadi motivasi untuk lebih mengapresiasi seni sebagai bagian penting dari pendidikan. Karena pretasi tidak hanya dalam bentuk akademis, tetapi juga ada dalam pengembangan bakat dan kreativitas siswa.

“Seni adalah cerminan dari keberagaman budaya yang kita miliki, dan melalui festival seperti FLS2N ini, generasi muda dapat memperkuat identitas lokal mereka,” tambahnya.

Para siswa yang berhasil meraih prestasi dalam kompetisi seni tersebut juga diharapkan nantinya dapat menjadi duta yang menginspirasi teman-teman sebaya mereka untuk lebih menghargai dan mengembangkan potensi di bidang seni. Dirinya berpesan agar mereka terus berlatih, berinovasi, dan tidak berhenti untuk belajar sehingga dapat mengharumkan nama Kota Pontianak di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua, guru dan semua pihak yang telah memberikan dukungan serta arahan kepada siswa-siswi Kota Pontianak. Semoga prestasi ini terus memacu semangat mereka untuk menggali potensi yang dimilikinya,” ungkapnya.

Menurutnya, capaian prestasi siswa Kota Pontianak sebagai peserta FLS2N tingkat Provinsi Kalbar tidak hanya mencerminkan keberhasilan dalam bidang seni, tetapi juga menjadi tolok ukur keberhasilan dalam upaya mendorong potensi, bakat dan kreativitas generasi muda dalam meraih prestasi yang gemilang. Sehingga dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inspiratif dan menghasilkan generasi muda yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS