Kalbar  

BPN Kalbar Segera Luncurkan Layanan Sertifikat Elektronik 

Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Andi Tenri Abeng. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati

Pontianak (Suara Kalbar) – Pada jaman serba digital, kini kemudahan akses layanan terus dilakukan. Seperti yang akan dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Barat (Kalbar) yang akan meluncurkan layanan sertifikat elektronik.

Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Andi Tenri Abeng menyebut, peluncuran layanan sertifikat tanah elektronik bagi masyarakat di Kalbar direncanakan dilakukan serentak pada 27 Juni mendatang.

“Sertifikat tanah elektronik akan berbentuk satu lembar, salah satunya memuat kode batang berisi data pemilik, sehingga dengan menscan kita bisa melihat sertifikat tersebut,” kata Andi Minggu (23/06/2024) siang.

Andi Tenri Abeng menuturkan setelah peluncuran nanti sertifikat tanah yang terbit akan berbentuk sertifikat elektronik berupa satu lembar.menurutnya, sertifikat elektronik lebih aman karena tidak perlu khawatir rusak maupun hilang.

“Ini mengurangi kekhawatiran masyarakat terlebih jika terjadi musibah kebakaran karena data tersimpan pada server dan dapat dilihat maupun dicetak kapanpun,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pemilik sertifikat elektronik juga akan mendapatkan akun untuk bisa membuka data sertifikat tanah melalui kode batang pada sertifikat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS