Landak  

Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 Pemkab Landak, Fase Kebangkitan Kedua

Upacara peringatan Harkitnas ke-116 di halaman Kantor Bupati Landak, Senin (20/05/2024).SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Landak. 

Landak (Suara Kalbar)- ASN di lingkungan Pemkab Landak ikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas” di halaman Kantor Bupati Landak, Senin (20/05/2024).

Upacara dipimpin Pj. Bupati Landak Samuel dengan dihadiri Forkopimda Kabupaten Landak. Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Samuel mengulas masa perjuangan organisasi Boedi Oetomo yang menumbuhkan bibit-bibit perjuangan di masa itu. Perjuangan dan gagasan-gagasan besar yang ditulis dan dicita-citakan oleh Kartini tentang pendidikan juga diulas dalam upacara tersebut.

“Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai jembatan emas, kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri. Bung Karno juga menekankan bahwa di ujung jembatan emas akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan ataupun sebaliknya, yang dalam bahasa Bung Karno bahagia bersama atau menangis bersama,” ujar Samuel.

Samuel mengatakan, hari ini sebagai lanjutan fase kebangkitan kedua, dengan melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi berbagai tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

Sementara bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata,” lanjutnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS