FISIP Untan Jalin Kolaborasi Internasional Bersama POLGOV Serawak Malaysia

Kolaborasi internasional HIMAPOL dan HIMAPEM FISIP Universitas Tanjungpura bersama Politics and Government (POLGOV) Universitas Negeri Malaysia Serawak. SUARAKALBAR.CO.ID/FISIP UNTAN Pontianak

Pontianak (Suara Kalbar) – Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAPEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar kolaborasi internasional bersama Politics and Government (POLGOV) Universitas Negeri Malaysia Serawak.

Mengangkat Tema “Akulturasi Budaya Lintas Negara Melalui Program Parlemen Muda”. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, dari tanggal 7-10 Mei 2024, dengan diikuti 36 mahasiswa Polgov Unimas, 2 Doctor Pendamping, dan 30 mahasiswa Himapol, Himapem.

Ketua Umum Himapol, Riko Muharandi kolaborasi lintas negara ini untuk pengenalan budaya politik dan pemerintahan serta kehidupan yang ada di Indonesia. Khususnya lebih menekankan pada pemahaman mahasiswa terhadap sistem politik dan pemerintahan internasional.

“Melalui kegiatan ini dapat menjalin hubungan baik terhadap kedua negara dan pemahaman sistem politik dan pemerintahan internasional, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan baru yang tidak mereka dapat di dalam kelas,” kata Riko, Selasa, (14/5).

Beragam rangkaian kegiatan diikuti para peserta, seperti kunjungan ke kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat, sembari mempelajari tugas, fungsi serta masing-masing komisi yang ada di DPRD Provinsi Kalimantan Barat, dengan narasumber Ir. H. Prabasa Anantatur.

Dilanjutkan seminar internasional bertema “”Birokrasi Dalam Perspektif Politik Indonesia dan Malaysia Serta Hubungan Bilateral Antar Negara Malaysia dan Indonesia” yang menghadirkan Pemateri dari Akademisi Fisip Untan, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, serta Keynote Speaker dari salah satu Mahasiswa Unimas Serawak, yang diikuti 150 peserta.

Ada pula kegiatan sosial mengunjungi Panti Asuhan Ar-Ridho yang berlokasi di daerah Siantan. Karena tugas mahasiswa adalah pengabdian oleh karena itu para mahasiswa yang ada memberikan suatu bantuan dan support kepada anak anak panti serta menjalin interaksi sosial.

Akhir kegiatan ditutup dengan acara malam kebudayaan internasional (International Culture Night) yang di dalam acara tersebut adalah pengenalan budaya dari Negara Indonesia dan Malaysia. Kedua negara memberikan penampilan khas melalui tarian, musik, serta sajak.

Dari kegiatan itu diharapkan seluruh mahasiswa dari kedua negara dapat lebih menjalin kerja sama dalam segi ilmu pengetahuan dalam sistem politik dan pemerintahan serta memiliki hubungan baik antar sesama mahasiswa.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada pihak Himapem dan Polgov Unimas Serawak karena telah menjadi pilar kolaborasi internasional dengan kontribusi yang sangat baik. Juga diharapkan menjadi suatu kegiatan yang dapat memberikan efek positif kepada seluruh pihak baik mahasiswa maupun masyarakat. Karena dalam Tri Dharma Perguruan tinggi mahasiswa harus menjadi agen perubahan serta pengabdian kepada masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS