News  

Baznas RI Nobatkan Wako Makassar Jadi Duta Zakat Indonesia

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia oleh Baznas RI usai Shalat Subuh berjamaah di Pantai Losari Makassar, Sabtu (18/05/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Humas Pemkot Makassar. 

Suara Kalbar– Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia, di Pantai Losari, Makassar, Sabtu (18/5/2024).

Dilansir dari Antara, pimpinan BAZNAS RI Korwil Indonesia Timur KH Achmad Sudrajat Lc menjelaskan penobatan itu karena Kota Makassar memiliki kepedulian yang besar dalam penyaluran zakat. Menurutnya berdasarkan grafik zakat yang selalu dipantau oleh Baznas di tingkat pusat Kota Makassar menduduki urutan tertinggi di Indonesia.

Selain itu Kota Makassar juga memiliki alokasi dana hibah untuk Baznas yang tertinggi se- Sulsel. Kemudian ada juga kebijakan pemerintah dalam menggerakkan ASN dan BUMD untuk berzakat dan berinfak di Baznas.

Tidak hanya itu, ada pula Lorong Zakat, penyumbang zakat tertinggi se Indonesia dan baru-baru ini juga Danny melantik 5.000 RT/RW se Kota Makassar sebagai amil perseorangan hingga dukungan Pemkot Makassar terhadap kegiatan Baznas Makassar.

“Karenanya kita berinisiasi untuk mendaulat Wali Kotanya menjadi Duta Baznas,” ujar KH Achmad.

Dia juga menyebutkan formulasi menggerakkan RT/RW ini sebagai amil perseorangan merupakan formulasi pertama di dunia dan Indonesia.

“Dari Makassar untuk dunia. Pak Danny betul-betul konsen soal zakat. Formulasi ini pertama di dunia berkat ide dari Pak Wali Kota Makassar,” kata dia.

KH Achmad berharap kebaikan dari program yang telah ada, utamanya terkait zakat tetap dilanjutkan guna keselamatan dan kesejahteraan umat khususnya di Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan potensi zakat di Kota Makassar ini bisa mencapai Rp1,4 triliun. Karena itu, ia berharap kerja RT/RW yang telah dilantik sebagai amal perseorangan dapat membantu menemukan potensi-potensi zakat yang belum terjamah.

“Ini hasil diskusi kami dengan Baznas dan terwujud hari ini. Kalau potensi zakat ini bisa tersentuh, insya Allah, masyarakat kota Makassar dapat lebih sejahtera dan penyaluran zakat bisa merata,” kata dia.

Ia juga menambahkan zakat ini menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam perkuatan umat yang juga merupakan visi misi Danny.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS