Banyak Pasien Rabies Memilih Berobat ke Pontianak  

Proses vaksinasi rutin kepada hewan penular rabies guna mencegah sebaran virus rabies di Kota Pontianak. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati

Pontianak (Suara Kalbar) – Hingga saat ini Kota Pontianak masih terdeteksi aman dari kasus gigitan hewan penular rabies, baik Anjing maupun Kucing. Kendati demikian sosialisasi terus digencarkan.

Kadis Perikanan dan Peternakan Kota Pontianak, Bintoro mengatakan adanya pasien rabies dari kabupaten lain yang merujuk kesehatan di Pontianak. Hal ini dikhawatirkan menimbulkan kasus rabies, terlebih saat ini tidak ditemukan kasus gigitan dari hewan penular rabies di Kota Pontianak.

“Sekarang kita zero adapun gigitan kucing itu tidak sampai terpapar virus rabies karena langkah antisipasi yang cepat dari masyarakat,” kata Bintoro.

Bintoro menjelaskan pihaknya rutin menggencarkan sosialisasi dokter keliling yang beroperasi di enam kecamatan, dikhususkan untuk melakukan pengobatan dan antisipasi terlebih ada kasus gigitan.

“Kami mengedukasi langkah cepat sebelum dibawa ke puskesmas terkait jika menjadi korban gigitan hewan yakni cuci dengan sabun di air mengalir dan segera di balur antiseptik,” jelasnya.

Bintoro mengimbau kepada masyarakat jika membeli hewan seperti kucing dan anjing harus melihat buku vaksin rabies jangan sampai membahayakan diri sendiri dan keluarga akibat membeli hewan peliharaan yang tidak jelas asal -usulnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS