Stok Ayam dan Telur Serta Daging Sapi di Sanggau Cukup Jelang Hari Raya 

Pasar Sanggau. SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Ambisius Anton menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sanggau memastikan ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok seperti daging menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tercukupi.

“Memang sejumlah kebutuhan pokok mengalami peningkatan permintaan. Untuk itu, stok telur, ayam dan daging sapi di Kabupaten Sanggau masih aman dan mencukupi,”katanya, Sabtu (06/04/2024).

Dari pemantauan di sejumlah pasar lanjut Anton, yang dilakukan secara rutin oleh bagian peternakan dalam rangka untuk memastikan ketersediaan cukup jelang hari raya Idul Fitri.

“Dalam pengecekan stok, secara umum masih aman dan tersedia,”ucapnya.

Anton mengatakan, berdasarkan pantauaan yang dilakukan di lapangan pada bulan Maret minggu ketiga produksi ayam pedaging diangka 160.368 kilogram. Kemudian untuk telur diangka 29.291 kilogram.

Sedangkan untuk daging sapi segar, dari tiga penampung yang ada di Kabupaten Sanggau jumlah sapi siap potong ada sebanyak 120 ekor sapi. Ketersediaan daging ayam dan sapi beku juga aman. Jumlah itu diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan jelang hari raya Idul Fitri.

“Kalau untuk daging saya kira aman lah, kalau mengandalkan produksi di Sanggau memang terbatas. Karena populasi sapi kita kan hanya sepuluh ribuan kalau itu dipotong semua kan tidak cukup, maka harus ada dari luar juga masuk sebagai replacement,” tutupnya.

Dia pun menghimbau masyarakat Sanggau untuk tidak perlu panik serta dalam berbelanja tidak perlu berlebihan dan lebih bijak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS