RSUD dr Rubini Mempawah Sediakan Layanan Dialisis, Pasien ‘Cuci Darah’ Tak Perlu Repot ke Luar Kota

Unit Dialisis RSUD dr Rubini Mempawah Kalimantan Barat berkapasitas 4 tempat tidur yang membuka pelayanan kepada masyarakat mulai Kamis (18/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Manajemen RSUD dr Rubini Mempawah Kalimantan Barat terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Usai dikunjungi Presiden Joko Widodo, kini RSUD dr Rubini telah membuka pelayanan Hemodialisis (HD) atau biasa disebut “cuci darah”.

Direktur RSUD dr Rubini Mempawah dr David Sianipar membenarkan adanya pelayanan Hemodialisis tersebut.

“Pemberian pelayanan Hemodialisis kepada masyarakat di RSUD dr Rubini resmi dimulai pada Kamis 18 April 2024,” ujar David.

Dijelaskan lebih lanjut, pelayanan HD ini ada di Gedung B Lantai III dengan jadwal layanan setiap hari Senin hingga Sabtu.

Adapun alur pelayanan untuk pasien baru adalah; pasien yang bersangkutan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di Poli Ginjal Hipertensi yang ada di RSUD dr Rubini; serta sudah diperiksa oleh Dokter Spesialis Ginjal Hipertensi.

“Setelah rangkaian pemeriksaan tersebut, baru pasien baru bisa diberikan pelayanan hemodialisis,” tuturnya.

Sedangkan untuk pasien lanjutan–yang memang sudah sering menjalani HD di rumah sakit lain, maka pasien yang bersangkutan diminta membawa surat rujukan atau surat pengantar dari Dokter Spesialis Ginjal Hipertensi dari rumah sakit awal.

“Selanjutnya surat rujukan itu bisa diberikan kepada petugas RSUD dr Rubini untuk bisa diberikan layanan dialisis lebih lanjut,” papar David yang juga menjabat Plt Kadis Kesehatan PPKB Mempawah ini.

Sementara itu, Dita Pratiwi, warga Mempawah, salah seorang pihak keluarga pasien hemodialisis, mengucap syukur atas tersedianya layanan HD di RSUD dr Rubini Mempawah.

“Alhamdulillah kini HD sudah tak perlu jauh-jauh lagi ke Pontianak. Biaya juga lebih hemat. Sebelumnya kami pihak keluarga mengeluarkan biaya yang cukup besar karena harus bolak-balik dua kali dalam seminggu untuk HD,” ujarnya.

Dita selanjutnya berharap pelayanan HD di RSUD dr Rubini dapat terus ditingkatkan, serta menambah jumlah tempat tidur yang semula 4 bed menjadi lebih banyak untuk memudahkan pasien yang berasal dari luar kota.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS