Pasca Idulfitri Sampah di Kota Pontianak Bertambah 25 Persen 

Pasca idul fitri volume sampah di Kota Pontianak meningkat 25 persen dibanding hari biasa. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati.

Pontianak (Suara Kalbar) – Penumpukan sampah memang kerap terjadi,khususnya pada saat momen – momen tertentu seperti hari raya idul fitri.Konsumsi masyarakat meningkat menimbulkan tumpukan sampah di setiap TPA atau kontainer sampah yang disediakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Syarif Usmulyono mengatakan pasca hari raya idul fitri memang terdapat penumpukan sampah di sekitar TPA dan kontainer,guna mengantisipasi penumpukan dinas lingkungan hidup menambah jumlah kontainer dan petugas kebersihan di titik – titik terjadi penumpukan sampah rumah tangga.

“Kita menyiagakan petugas di setiap TPA dan menambah jadwal pengangkutan jika biasanya hanya tiga kali namun pasca lebaran bisa 6 kali pengangkutan atau rate,” kata Syarif Usmulyono Jumat (19/04/2024)

Syarif Usmulyono menyebut peningkatan volume sampah sekitar 25 persen dari hari biasanya pada awal puasa sampah mendominasi adalah sampah rumah tangga,setelah hari raya sampah yang mendominasi adalah sampah furniture.

“Penumpukan sampah tersebut akibat daya beli masyarakat yang meningkat,kami menilai perekonomian masyarakat sudah mulai berangsur membaik,” imbuhnya.

Antisipasi penumpukan sampah yang bertambah memang sudah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak terlebih pada momen -momen tertentu atau musim buah tiba.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS