Polres Sanggau Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS 

Waka Polres Sanggau saat melakukan pengecekan Pasukan dan Perlengkapan Personel Pengamanan TPS. SUARAKALBAR.CO.ID/Polres Sanggau

Sanggau (Suara Kalbar) –Waka Polres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dalam rangka Operasi Mantap Brata Kapuas 2024 di halaman Mapolres Sanggau, Senin (12/02/2024).

Kegiatan apel dihadiri oleh PJU Polres Sanggau, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten Inf M. Yunus, Sub Den Pom XII/1-2 Sanggau Kapten (CPM) Santoso, Kepala Rutan Sanggau Donni Isa Dermawan, Ketua KPU Sanggau Iis Supianto, Ketua Bawaslu Sanggau Septiana Ika Kristia, Danki Brimob Polda Kalbar, Kabid Gakkum Sat Pol PP Sanggau Wendi, Perwira Staf, Personil Satuan Brimob Polda Kalbar, Personil Polres Sanggau Yang Terlibat Pam TPS Serta Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Sanggau.

Kompol Yafet dalam amanatnya mengatakan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS merupakan rangkaian Pemilu tahun 2024 guna mengamankan jalannya pemungutan suara yang tertib, lancar dan damai di wilayah Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini.

Seluruh personel yang telah siap melaksanakan pengamanan TPS dan Polres Sanggau telah menyiapkan 460 personil dalam tahap pemungutan suara dan penghitungan suara pada pemilu tahun 2024. Nantinya para personel itu terbagi dengan tiga bagian yaitu 27 personel dari unsur pimpinan terdiri para kasatgas dan para kapolsek jajaran serta perwira pengendali di masing-masing daerah pemilihan.

Kemudian 258 personel pengamanan TPS di 15 kecamatan serta 175 personil Power on Hand (POH) yang terbagi pada pengamanan kantor KPU, Gudang Logistik Pemilu, kantor Bawaslu. Serta pasukan Dalmas siaga dan Babinkamtibmas juga ada 30 personel Sat Brimob Polda Kalbar yang disiagakan di pos Lantas Simpang Tanjung Kecamatan Tayan Hulu.

Guna terciptanya Harkamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Sanggau dalam Pemilu tahun 2024, Polri bekerja sama dan bersinergi dengan berbagai unsur pengamanan lainnya dari unsur TNI, Satpol PP, Petugas Ketertiban dan seluruh pihak yang turut serta mensukseskan jalannya Pemilu.

“Bagi personil yang akan melaksanakan pengamanan di TPS saya minta setelah apel pergeseran pasukan ini rekan-rekan pastikan kembali logistik Pemilu di wilayah tugas-nya dalam keadaan aman dan lengkap serta siap untuk digunakan pada hari pemungutan suara nanti,” pesan Waka Polres.

Waka Polres juga mengingatkan bila nantinya ada kekurangan segera koordinasikan dengan pihak penyelenggara pemungutan suara di wilayah tugas-nya. Serta pahami dan kuasai prosedur pengamanan, disiplin dalam pelaksanaan tugas dan berkoordinasi sebaik-baiknya dengan unsur pengamanan lainnya secara maksimal guna memberikan yang terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan serta kelancaran dan memberikan balasan terbaik atas jerih payah, perjuangan dan ketulusan rekan-rekan dalam pelaksanaan tugas pengamanan TPS di Pemilu ini,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS