Gitar Bass Bersejarah Paul McCartney dari The Beatles Ditemukan Setelah 50 Tahun Hilang

Gitar bass Hofner milik personel The Beatles Paul McCartney ditemukan kembali setelah dicuri pada tahun 1972. (Reuters/Reuters)

Jakarta (Suara Kalbar)- Gitar bass Hofner milik Paul McCartney dari The Beatles yang dicuri pada tahun 1972 akhirnya ditemukan kembali setelah pencarian panjang oleh tim The Lost Bass Project. Gitar tersebut telah digunakan dalam rekaman single terkenal The Beatles seperti “She Loves You” dan “All My Loving.”

Setelah tim The Lost Bass Project mempublikasikan pencarian bass tersebut ke seluruh dunia, seseorang dari Inggris menghubungi perusahaan milik McCartney dan mengaku memiliki gitar tersebut.

Bass tersebut akhirnya dikembalikan kepada McCartney pada tahun 2023, tetapi pengumumannya baru dilakukan pada Kamis (15/2/2024).

“Gitar tersebut telah diautentifikasi oleh Höfner dan Paul sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” kata juru bicara di situs McCartney melansir dari Beritasatu.com, Minggu(18/2/2024).

Meskipun bass itu agak rusak dengan ada retakan di bagian leher dan brigde yang perlu diganti. Kemudian pickup di gitar juga  tak berfungsi lagi, tetapi semua bisa diperbaiki dan memungkinkan untuk dimainkan kembali.

“Bass itulah yang memulai Beatlemania, Itulah mengapa pencarian ini penting karena gitar ini punya peran dalam ketenaran The Beatles,” ucap Nick Wass, salah satu pendiri tim The Lost Bass Project.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS