CEK FAKTA: Video Prabowo Ajak Dukung Anies Baswedan

Tangkapan layar video diiringi narasi bahwa Prabowo mendukung Anies untuk menjadi Presiden Republik Indonesia di tahun 2024.SUARAKALBAR.CO.ID/CEK FAKTA

Suara Kalbar- Beredar video melalui media sosial Tik Tok dari akun subyan4800480184417 yang memposting video berdurasi 1 menit. Video itu diiringi narasi bahwa Prabowo mendukung Anies untuk menjadi Presiden Republik Indonesia di tahun 2024.

Video tersebut merupakan video Prabowo yang sedang berpidato dan menyampaikan akan memenangkan Anies.
“MENGEJUTKAN PRABOWO dukung ANIS, PRESIDEN RI 2024”“Pak Prabowo akhirnya sadar, Demi NKRI”

HASIL CEK FAKTA
Setelah ditelusuri ditemukan video yang identik dengan postingan Tik Tok pada kanal Youtube KOMPAS TV “Prabowo Minta Kader Gerindra Dukung Anies-Sandi” yang diunggah pada 8 Januari 2017.

Dilansir dari CekFakta.com. Video pada Tik Tok sama dengan video di YouTube pada detik ke 31 pada video YouTube. Jika disimak dalam video tersebut Prabowo menyatakan dukungannya kepada Anies pada Pilkada DKI Jakarta bukan pada pilpres 2024. Video tersebut merupakan video saat rapat akbar yang digelar di JIExpo Kemayoran.

Dengan demikian video yang diklaim Prabowo mendukung Anies pada Pilpres 2024 tidak benar. Video tersebut merupakan video dukungan Prabowo Subianto kepada Anies pada Pilkada DKI Jakarta bukan pada Pilpres 2024, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN
Video yang diklaim Prabowo mendukung Anies pada Pilpres 2024 tidak benar. Video tersebut merupakan video dukungan Prabowo Subianto kepada Anies pada Pilkada DKI Jakarta bukan pada Pilpres 2024.

Rujukan

https://cekfakta.com/focus/15745
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS