CEK FAKTA: Penyanyi Meninggal Dunia Saat Kampanye 02 di Rokan Hulu, Riau

Tangkapan layar video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Itha Muraya yang berisi cuplikan kejadian saat Putri Isnari, penyanyi D’Academy, pingsan di tengah panggung saat menyanyikan lagu dalam kampanye 02 di Rokan Hulu, Riau.SUARAKALBAR.CO.ID/CEK FAKTA

Suara Kalbar-Beredar sebuah video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Itha Muraya yang berisi cuplikan kejadian saat Putri Isnari, penyanyi D’Academy, pingsan di tengah panggung saat menyanyikan lagu dalam kampanye 02 di Rokan Hulu, Riau.

Video tersebut diunggah dengan klaim narasi bahwa Putri (dalam narasi ditulis sebagai Putri Ariani) meninggal dunia setelah jatuh pingsan dalam konser tersebut.

Akun Facebook Itha Muraya https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0xRu47WqgzFxmdkv1vgMaSpSWKkkvb3we6cZ5rhneY9pL8fEeS9Q9GeReunTed2SHl&id=61554966608659&mibextid=Nif5oz (https://ghostarchive.org/archive/zF52U arsip) memposting sebuah video cuplikan ketika Putri D’Academy pingsan saat manggung di acara kampanye 02. Video tersebut diunggah pada 28 Januari 2024 dengan narasi sebagai berikut:

“Stlh viral seorang Kyai yg mati saat mimpin doa demi materi… kini giliran seorang Penyanyi yg juga mati di atas podium yg dukung anaknya Jokowi…

Kini… *Putri Ariani*…

Seorang Artis Dangdut Academy yg ambruk saat acara *”Silaturahmi Kebangsaan Prabowo – Gibran”* di Kab. Rokan Hulu-Riau Rabu, 17/12/2023″.

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa Putri Isnari tidak meninggal dunia. Putri hanya pingsan beberapa saat kemudian kembali sadar. Kepada media, Putri mengaku terlalu bersemangat dan memaksakan dirinya meskipun tubuhnya sudah merasakan kelelahan.

“Tadi memang itu karena mungkin terlalu semangat. Pokoknya tadi itu aku udah nggak mikir gitu loh. Aksi panggung itu kayak yang lompat sana lompat sini. Jadi mudah-mudahan sih bisa lebih mengontrol lagi kalau ngerasa udah capek harus bisa mengontrol. Tapi tadi aku gas-gas-gas aja,” kata Putri Isnari pada 26 Desember 2023 sebagaimana dikutip dari Liputan6.

Dengan demikian klaim yang menyebut bahwa Putri D’Academy meninggal setelah pingsan dalam acara 02, tidak benar.

KESIMPULAN

Faktanya, Putri Isnari tidak meninggal sebagaimana informasi yang beredar. Penyanyi dangdut D’Academy ini hanya pingsan beberapa saat di panggung ketika sedang konser pada kampanye 02 di Rokan Hulu Riau, pada 17 Desember 2023.

Rujukan

https://www.liputan6.com/showbiz/read/5490515/putri-isnari-dangdut-academy-ceritakan-insiden-pingsan-di-atas-panggung-yang-viral-beberapa-waktu-lalu

https://cekfakta.com/focus/15751

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS