CEK FAKTA: Gambar Anies dengan Narasi “Untuk Semua Pendukung Saya, Jangan Lupa Coblos No.2 Prabowo Gibran”

Tangkapan layar Capres 01 Anies Baswedan yang diposting Akun Facebook Andi Zzh. SUARAKALBAR.CO.ID/Cek Fakta

Suara Kalbar-Akun Facebook Andi Zzh memposting sebuah gambar Anies Baswedan dengan gaya dua jari. Dalam gambar yang diunggah pada 30 Januari 2024 pukul 08.34 terdapat narasi “Untuk Semua Pendukung Saya, Jangan Lupa Coblos No.2 Prabowo Gibran”.

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri menggunakan Google Image ditemukan sebuah gambar yang identik dengan postingan Facebook pada website Tribun dalam artikel berjudul “Anies Baswedan Dukung Jokowi-JK Salam 2 Jari” Sabtu, 5 Juli 2014 pukul 15.02 WIB.

Gambar tersebut merupakan gambar saat Anies menjadi juru kampanye pasangan Jokowi- JK di lapangan Irepa, Cilodong, Depok 4 Juli 2014.

Dengan demikian gambar Anies menunjukkan dua jari dengan “Untuk Semua Pendukung Saya, Jangan Lupa Coblos No.2 Prabowo Gibran” tidak benar.

Gambar tersebut merupakan gambar saat Anies menjadi juru kampanye pasangan Jokowi JK. Narasi pada gambar tersebut tidak berhubungan dengan gambar, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Gambar Anies menunjukkan dua jari dengan “Untuk Semua Pendukung Saya, Jangan Lupa Coblos No.2 Prabowo Gibran” tidak benar. Faktanya, gambar tersebut merupakan gambar saat Anies menjadi juru kampanye pasangan Jokowi-JK. Narasi pada gambar tersebut tidak berhubungan dengan gambar.

RUJUKAN

https://www.tribunnews.com/images/editorial/view/1235751/anies-baswedan-dukung-jokowi-jk-salam-2-jari

https://www.tribunnews.com/pemilu-2014/2014/07/26/anies-baswedan-jokowi-urus-kabinet-usai-bulan-agustus

https://cekfakta.com/focus/15746

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS