5 Tips Fotografi dengan Ponsel Cerdas, Mengoptimalkan Kualitas Foto

Ilustrasi foto ponsel cerdas. (Dok Realme/Istimewa)

Suara Kalbar -Seiring perkembangan teknologi kamera pada ponsel cerdas, hasil foto terbaik dapat dicapai dengan kombinasi keterampilan pengguna dan fitur-fitur canggih pada ponsel.

Berikut adalah lima tips praktis untuk menghasilkan gambar terbaik dengan ponsel cerdas Realme dilansir dari Beritasatu.com, Kamis (25/1/2024).

1. Gunakan kamera beresolusi 108MP
Kemampuan dan kualitas kamera belakang pada ponsel cerdas umumnya melebihi kamera depan. Salah satu alasannya karena kamera belakang umumnya memiliki megapiksel dan sensor yang lebih besar. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan gambar yang lebih baik.

Menggunakan fitur zoom pada ponsel cerdas merupakan cara yang praktis untuk memastikan tidak ada objek yang mengganggu dan memperjelas subjek foto saat mengambil gambar dari kejauhan.

Namun, masalah umum yang sering ditemukan adalah penurunan kualitas foto saat melakukan zoom.

Hal itu bisa terjadi karena fungsi zoom kamera ponsel tidak berfungsi seperti zoom pada lensa kamera profesional.

Fungsi ini akan memotong gambar dan kemudian menskalakannya kembali. Artinya, Anda menggunakan sebagian kecil dari daya sensor kamera dan menyebabkan kehilangan resolusi gambar.

Jika ponsel Anda menggunakan teknologi 3x In-sensor Zoom, Anda bisa mencoba menggunakannya. Karena teknologi ini mampu memberikan hasil foto yang jauh lebih baik. Teknologi 3x In-sensor Zoom memanfaatkan 12 juta piksel di bagian tengah sensor 108MP untuk memungkinkan pengambilan foto tanpa kehilangan piksel.

3. Manfaatkan fitur kamera lainnya
Ketika Anda ingin mengambil foto yang fokus pada subjek utama, Anda dapat menggunakan fitur portrait dengan memberikan efek bokeh pada hasil gambar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kontrol manual seperti slider brightness yang dapat meningkatkan kualitas dari area yang ingin difokuskan.

4. Pastikan cukup cahaya
Untuk mendapatkan gambar yang bagus, carilah lokasi dengan cahaya yang cukup. Lebih banyak cahaya di sekitar akan membuat kamera bekerja lebih cepat, menghasilkan foto dengan detail, dan warna yang lebih hidup.

Oleh karena itu, disarankan untuk memotret di tempat dengan cahaya yang cukup bagus agar hasil fotonya optimal. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur night mode ponsel cerdas Anda.

5. Edit foto lebih natural
Objek dan suasana yang indah dipandang oleh mata sering kali menjadi kurang menarik saat diabadikan melalui foto.

Untuk menciptakan kualitas gambar yang lebih baik, cobalah untuk mengedit foto dengan aplikasi terpercaya dan edit senatural mungkin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS