Kalbar  

Bulog Kalbar Sebut Stok Beras 1.000 Ton Cukup Hingga Idulfitri

Kepala Bulog Divisi Regional Kalbar Bambang Prihatmoko. [ANT]

Pontianak (Suara Kalbar) – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Kalimantan Barat menyebutkan saat ini stok beras yang ada mencapai 1.000 ton atau mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Untuk stok beras saat ini cukup aman sampai Lebaran nanti. Stok beras medium tersebut baik untuk kebutuhan bantuan pangan dan kebutuhan lain misalnya terjadi darurat seperti bencana alam,” kata Kepala Bulog Divisi Regional Kalbar Bambang Prihatmoko saat ditemui di Pontianak, Kalbar, Kamis (6/4/2023) melansir dari ANTARA.

Ia menambahkan pihaknya dalam waktu dekat juga akan kedatangan 3.700 ton beras lagi untuk tambahan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Menurutnya, saat ini Bulog masih mendatangkan beras dari luar dan beras lokal dari Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu, ia mengatakan sampai saat ini Bulog sudah melakukan program bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras di Kalbar.

“Se-Kalbar ini totalnya ada 360 ribu penerima, untuk Kota Pontianak sendiri ada 22.327 keluarga penerima manfaat (KPM). Jadi, total satu bulan alokasi, kita menyalurkan 3.603 ton beras se-Kalbar, untuk Kota Pontianak kita salurkan sebanyak 223 ton,” katanya.

Ia menjelaskan program bantuan pangan tersebut merupakan penugasan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Bulog.

“Ini merupakan program pemerintah untuk menyalurkan cadangan beras untuk KPM supaya mereka tidak terbebani konsumsinya menjelang Lebaran,” ujarnya.

Terkait stok komoditas lainnya seperti minyak goreng, stok masih aman dan juga akan mendapatkan tambahan stok sekitar 1.500 liter dari Pulau Jawa, sehingga aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Tepung terigu, daging beku, dan lainnya sejauh ini masih aman dalam hal stok. Untuk harga tentu sesuai dengan HET yang sudah ditetapkan. Masyarakat tidak perlu khawatir,” jelas dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS