Harga Daging Ayam Potong Merangkak Naik di Sekadau

Seorang warga sedang membeli daging ayam potong untuk menyambut puasa Ramadhan 1444 H, Rabu (22/3/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Dewi

Sekadau (Suara Kalbar) – Menjelang Puasa Ramadhan 1444 H/2023 M harga daging ayam potong di pasar Sekadau, Kalbar mengalami kenaikan.

“Karena sudah memasuki bulan puasa ini harga ayam potong terjadi kenaikan di Sekadau ini,” ujar Almadi Saleh (54) salah satu pedagang ayam potong di Pasar Sekadau ditemui Suarakalbar.co.id pada Rabu (22/3/2023).

Menurut Almadi Saleh ini yang sudah berdagang selama 22 tahun lamanya, harga ayam potong yang semula normal hanya Rp48 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp50 ribu per kilogram. Bahkan ada yang mencapai Rp56 ribu per kilonya yang di jual di Pasar Sekadau.

“Karena dari agennya sendiri itu sudah naik salah satu faktor utamanya ialah pasokan anak ayam berkurang, karena keterbatasan stok anak ayam jadi harga pun melambung naik,” kata Almadi Saleh.

Kenaikan harga ayam potong ini terjadi 8 hari yang lalu sekitar 14-15 Maret 2023, ya apalagi kan ini sudah memasuki puasa dan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, pasti permintaan akan sedikit tinggi.

“Karena dari agen ayam putih hidup dijual Rp35 ribu per kilonya. Sementara itu dari penjual yang lain kami harus membeli dengan harga Rp38 ribu per kilogram,” kata Almadi Saleh.

Sementara itu, salah satu warga, Gitana Erlin yang membeli ayam potong berharap harga ayam potong bisa lebih turun sedikit, karena hal ini tidak hanya terjadi setiap tahun sekali, tetapi bisa saja terjadi karena hal-hal yang memungkinkan kenaikan harga.

“Semoga saja stok ayam yang dikirim agen kepada para penjual bisa mengalami penurunan harga. Jadi kami yang suka membeli ayam pun ikut senang kalau harga bisa turun, apalagi kan mendekati lebaran Idulfitri,”tutur Gitana Erlin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS