Syukuran Hari Jadi ke-76 Marinir TNI-AL di Markas Yonmarhanlan XII

SATGAS BANJIR. Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman didampingi Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, saat mengalungkan bunga kepada Tim Satgas Bencana dan Penanggulangan Banjir TNI-AL dalam prosesi penyambutan di Syukuran Hari Jadi ke-76 Korps Marinir Yonmarhanlan XII, Selasa (30/11/2021) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Korps Marinir TNI AL, 15 November 2021, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76.

Puncak kegiatan dipusatkan di Mako Korps Marinir, Cilandak, DKI Jakarta. Dihadiri KSAL Laksamana Yudo Margono.

Di Kalimantan Barat, HUT Marinir dilaksanakan dalam bentuk syukuran di Mako Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak, Kabupaten Mempawah, Selasa (30/11/2021).

Turut hadir diantaranya Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman beserta pejabat utama Lantamal, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Bupati Mempawah Erlina, jajaran Forkopimda, Jalasenastri, serta mitra Lantamal dan Yonmarhanlan XII.

Mengawali sambutannya, Danlantamal mengaku bangga bisa hadir di tengah-tengah prajurit petarung Yonmarhanlan XII, yang selalu menunjukkan sikap humanis dan profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas.

Baik mencegah ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, maupun tugas lainnya, seperti membantu percepatan penanganan COVID-19, penegakan disiplin protokol kesehatan, serta penanggulangan bencana alam.

“Dalam kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih kepada para prajurit marinir Yonmarhanlan XII. Kalian selalu hadir setiap saat membantu pemerintah dan masyarakat,” katanya.

Pujian terhadap prajurit marinir juga datang dari Bupati Erlina.

Ia menilai kehadiran korps marinir telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

“Kita bersyukur kehadiran marinir di Kalbar, khususnya Yonmarhanlan di Kabupaten Mempawah. Karena telah banyak membantu pemerintah termasuk dalam penanganan COVID-19,” ungkap dia.

Untuk itu, Erlina mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

“Mari kita terus menjalin sinergitas dan harmonisasi dalam menjaga NKRI,” katanya.

Menutup sambutannya, Erlina mendoakan agar momen HUT ini, Korps Marinir semakin jaya dan selalu hadir bersama masyarakat menjaga keutuhan bangsa.

Ucapan selamat ulang tahun Korps Marinir juga disampaikan Wagub Ria Norsan.

Ia mendoakan di usia ke-76, Marinir semakin matang dan terdepan melawan berbagai potensi ancaman terhadap keutuhan NKRI.

“Mari bersama pemerintah daerah dan unsur lainnya kita tingkatkan sinergitas demi persatuan negara dan bangsa,” ujarnya mengajak.

Tidak lupa, Ria Norsan kembali mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan ikut vaksinasi bagi yang belum mendapatkannya.

“Jangan lengah apalagi menurunkan kewaspadaan terhadap COVID-19. Karena virus itu menjadi ancaman nyata untuk kita semua,” ucapnya.

Sebelumnya Danyonmarhanlan XII, Mayor (Mar) Anton Koerniawan, menjelaskan sebenarnya peringatan HUT ke-76 Marinir dilaksanakan pada 15 November lalu.

Namun karena pada saat itu ada upacara HUT Marinir di Jakarta, maka hari ini dengan izin Danlantamal XII, HUT ini dirayakan dalam bentuk syukuran di Mako Yonmarhanlan XII.

Kendati demikian, ia menilai pergeseran waktu ini tidak mengurangi makna perayaaan ulang tahun Korps Marinir. Terlebih yang hadir merupakan tokoh-tokoh mitra Lantamal dan Yonmarhanlan.

“Terima kasih kami ucapkan atas kedatangan bapak dan ibu sudah berkumpul di rumah kami, markas Korps Marinir satu-satunya di Kalbar yang ada di Mempawah,” ujar dia.

Tidak lupa, Anton mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak terhadap keberadaan Korps Marinir, sehingga jajarannya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Ramah tamah dan syukuran HUT ke-76 Korps Marinir di Yonmarhanlan turut dirangkai dengan penyambutan kepulangan Tim Yonmarhanlan XII yang tergabung dalam Satgas Bencana dan Penanggulangan Banjir di Kabupaten Sekadau dan Sintang, Kalbar.