Melawi  

Pantau Langsung Korban Banjir Melawi, Menteri Sosial : Jangan Sampai Warga Kelaparan

Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini meninjau langsung kondisi banjir di sejumlah daerah di wilayah Provinsi Kalbar diantaranya di Kabupaten Melawi, Rabu (3/11/2021).

Melawi (Suara Kalbar)- Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini meninjau langsung kondisi banjir di sejumlah daerah di wilayah Provinsi Kalbar diantaranya di Kabupaten Melawi, Rabu (3/11/2021) malam.

Tidak mudah bagi Mensos didampingi Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus untuk bisa tembus menuju Kabupaten Melawi. Lantaran disejumlah titik jalan provinsi sudah tergenang banjir hingga ketinggian 1 meter seperti didaerah Desa Batu Buil, Desa Batu Nanta dan Bukit Matuk, Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing.

Bupati Melawi Dadi Sunarya turun langsung menjemput rombongan bersama sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Melawi.

“Saya nekat ke Melawi karena ingin lihat langsung. Jadi saya tahu bagaimana kondisinya. Ternyata memang cukup parah. Dan sudah banyak warga yang mengungsi,” ujar Tri Rismaharini saat di Melawi.

Dirinya juga mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Kabupaten Melawi bersama semua pihak dalam penanganan korban terdampak banjir. Diakuinya, dalam penanganan banjir perlu kerja sama semua pihak untuk saling bahu membahu.”Intinya jangan sampai warga kelaparan,” pesan mantan Walikota Surabaya ini.

Jika  melihat dari jalur transportasi darat yang dilaluinya menuju Melawi, kata Mensos masih ditemukan beberapa titik ruas jalan yang terputus. Sehingga sulit untuk bisa ditembus. “Untuk itu harus kita siapkan untuk pengiriman logistik makanan,” katanya.

Bupati Melawi Dadi Sunarya mengucapkan terima kasih atas kunjungan langsung Mensos beserta rombongan untuk melihat langsung kondisi banjir di Melawi.

“Meskipun dengan susah payah melewati akses darat yang sudah banyak terputus akibat banjir besar. Arahan, bimbingan dan teknis serta bagiamana strategi dalam penanganan situasi banjir dari Ibu Mensos tentu sangat kami harapkan,” ucap Bupati.

Berdasarkan data yang diperoleh Suara Kalbar.co.id dari Posko Batingsor Kabupaten Melawi jumlah pengungsi banjir sebanyak 753 orang, yang tersebar di beberapa tempat  pengungsian. Seperti SDN 3 Nanga Pinoh, SDN 6 Nanga Pinoh, Kantor Desa Sidomulyo, Kenual, Natai Gunuk, SMP 2 Nanga Pinoh, Sekretariat Golkar, Kompi 642 dan lainnya.