Ujicoba Tanam Padi Tanpa Bakar Lahan di Kecamatan Toba

Petani di Toba tanam padi di lokasi lahan tanpa dibakar.

Sanggau (Suara Kalbar) – Memasuki musim bercocok tanam padi atau berladang dimotori Dinas Pertanian Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau dilakukan ujicoba menanam padi di tanpa di bakar di Desa Lumut pada, Kamis (2/9/2021).

Martinus dari Dinas Pertanian Sanggau mengatakan, untuk pertama kalinya ujicoba menanam padi di lokasi tanpa di bakar terlebih dahulu.

“Kami dari dinas pertanian kecamatan Toba berharap semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan sebagai contoh untuk berbudaya tidak perlu membuka ladang memakai bakar di karenakan situasi dan kondisi yang ada sekarang itu tidak di bolehkan membakar lahan dan hutan,”ungkapnya.

Kemudian untuk tindak lanjut mengenai lahan pertambangan masyarakat boleh mengusulkan kepada pihak penambang tersebut agar dari dinas pertanian kecamatan Toba dilibatkan sebagai pengawasan yang direklamasi agar dikelola sesuai dengan prosedur dinas pertanian.

“Karena sebagai contoh 15 tahun yang lalu pertambangan yang ada di desa Modang tepatnya di sekitar SMPN 5 Toba begitu di reklamasi lalu di tinggal. Maka dari itu dinas pertanian kecamatan Toba berupaya untuk kedepannya masyarakat jangan sampai dibodohi oleh pihak tambang tentang reklamasi ini karena tidak semua orang bisa kalau bukan bidangnya,”jelasnya.