Drumband GAP IPDN Akan Meriahkan Dimulainya PKL praja Muda di Sanggau

Drumband GAP IPDN Akan Meriahkan Dimulainya PKL praja Muda di Sanggau.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Istimewa]

Sanggau (Suara Kalbar) -254 Praja Muda Angkatan XXXIII Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalimantan Barat (Kalbar) akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Magang II di Kabupaten Sanggau 6 -25 Juni 2024.

Penerimaan kegiatan PKL/Magang II Praja Muda tersebut akan dilaksanakan apel dengan ispektur upacara Pj Bupati Sanggau dan juga bakal dimeriahkan atraksi atau penampilan Drumband Gita Abdi Praja (GAP) IPDN kampus Kalbar.

Wakil ketua panitia reuni Forum Komunikasi Keluarga Alumni APDN Pontianak (FKKAAP) Kalimantan Barat Joni Irwanto menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau dengan pihak IPDN kampus Kalbar.

“Pembagian Praja tersebut setiap Kecamatan sebanyak 15 orang yang akan magang di kantor Camat dan nantinya akan didampingi pengasuh, pelatih dan pembimbing dari IPDN. Selain Kecamatan juga ada tujuh perangkat daerah yang menerima dan ditunjuk sebagai lokus magang praja IPDN dengan praja 5-7 orang,”katanya, Rabu (05/06/2024).

Di kota sanggau nantinya juga akan ada posko pengendali pelaksanaan PKL II Praja Muda IPDN bertempat di Mess Pemkab Sanggau di Kelurahan Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

“Adapun kegiatan Praja ini selama 21 hari untuk memahami praktek-praktek penyelengaraan administrasi pemerintahan, layanan publik dan pembangunan untuk menjadi bahan mereka dalam kajian-kajian akademik di kampus. Ini juga akan menjadi media pelatihan praja IPDN tingkat II untuk melihat bagaimana pelaksanaan sistem pemerintahan yang ada di Kabupaten Sanggau maupun di Indonesia sebagai laboratoriumnya,”ujar Joni Irwanto.

Bertepatan dengan pelaksanaan PKL II Praja IPDN Kalbar juga akan dilaksanakan reuni akbar Forum Komunikasi Keluarga Alumni APDN Pontianak yang merupakan cikal bakal dari berdirinya STPDN atau IPDN pada 8 dan 9 Juni 2024.

“Kita pernah punya kampus APDN di Pontianak dan berakhir hingga angkatan 23 tahun 1988 dan dilanjutkannya dengan berdirinya STPDN. Reuninya akbar ini akan dipusatkan di Kabupaten Sanggau dan akan dihadiri para senior-senior APDN seperti Bapak Kornelis, Asia Sidot dan Simon jalil juga senior lainnya serta akan dihadiri salah satu direktur APDN Pontianak yang sampai saat ini masih sehat dan menyempatkan diri untuk hadir yaitu Bapak Tabrani Hadi,”ungkapnya.

Dalam reuni pada 8 Juni 2024 tersebut akan dilaksanakan musyawarah kerja pembentukan panitia atau susunan pengurus baru dari FKKAAP yang baru dan malamnya akan dilaksanakan ramah tamah bersama Pj Bupati Sanggau dengan seluruh alumni APDN Pontianak.

“Kemudian pada 9 Juni 2024 akan dilakukan gerakan jalan sehat bersama alumni dan praja IPDN magang serta akan ada lagi devile Drumband GAP IPDN kampus Kalbar yang merupakan persembahan untuk masyarakat Sanggau yang akan display di dua titik yaitu depan terminal Oplet dan taman Arong Belopa Sanggau. Mudah-mudahan ini bisa menghibur masyarakat Sanggau dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk terus bergerak membangun,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Darmansyah DEditor: Diko Eno