Presiden Nikaragua Ortega Mencalonkan Diri Lagi

  • Bagikan
Presiden Nikaragua Daniel Ortega berpidato didampingi Ibu Negara sekaligus Wakil Presiden Rosario Murillo dalam sebuah upacara di Managua, Nikaragua, 21 Maret 2019.(Foto:VOA)

Suara Kalbar – Presiden Nikaragua Daniel Ortega akan mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat berturut-turut dalam pemilu November. Rencana Ortega disampaikan oleh partainya, Front Pembebasan Nasional Sandinista (FSLN), Senin (2/8).

“Kami mempunyai formula, calon kami dipilih dengan suara bulat,” kata Gustavo Porras, seorang legislator FSLN, dalam kongres partai.

Istri Ortega, Wakil Presiden Rosario Murillo, juga akan kembali menjadi pasangannya.

Pemilihan pasangan presiden dan wakil presiden itu disahkan oleh semua 2.932 anggota yang hadir di kongres virtual FSLN, hanya beberapa jam sebelum batas waktu pendaftaran calon.

Ortega, 75 tahun, mantan gerilyawan sayap kiri yang dituduh oleh lawan-lawannya otoriter, telah berkuasa sejak 2007. Istrinya yang berusia 70 tahun menjadi wakil presidennya sejak pemilihan terakhir pada 2017.

“Kami di sini untuk melanjutkan perjuangan melawan kemiskinan,” kata Murillo.

Pemerintah dituduh melakukan penindasan karena menahan lebih dari 30 tokoh oposisi selama dua bulan terakhir, termasuk tujuh calon presiden.

Pemerintah hanya menyisakan aliansi oposisi utama dengan pasangan kejutan untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada November.

Pasangan itu adalah mantan gerilyawan sayap kanan Oscar Sobalvarro, 68 tahun, yang berpasangan dengan Berenice Quezada, mantan ratu kecantikan berusia 27 tahun yang tidak punya pengalaman politik.

Kongres FSLN juga mengesahkan 92 kandidat untuk Majelis Nasional dan 20 untuk Parlemen Amerika Tengah.

Penulis: VOAEditor: Enisa
  • Bagikan