News  

Geopark Natuna Akan Diajukan Sebagai UNESCO UGGp, Untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

 

Ket Poto : Poto Bersama Rombongan Kemenlu RI dan Kadispar Natuna, Hardinansyah

Natuna (suarakalbar) -Sebagaimana diketahui, Geopark Natuna yang telah berstatus sebagai Geopark Nasional sejak tahun 2018 telah direncanakan untuk diajukan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp). 

Adapun alasan pengajuan Geopark Natuna sebagai UGGp dilatarbelakangi oleh alasan yang bersifat ganda dan strategis, yakni untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan memperkokoh international standing dari kedaulatan Indonesia di perairan Natuna.

Hal tersebut disampaikanKepalaDinas Pariwisata Natuna, Hardinasyahsaat kunjunganKementerian Luar Negeri(Kemenlu) RIke Kabupaten Natuna dalam rangka peninjauan kesiapan Geopark Natuna menuju Unesco Global Geopark, padapada Maret 2021 lalu.

Ket Poto : Wabup Natuna, Ngesti Yuni Suprapti

Menurutnya, pada tahun 2020, Geopark Natuna mengundurkan diri dari kandidat nominasi UGGp karena kendala internal. Untuk itu, Geopark Natuna agar kembali mempersiapkan diri guna mengajukan nominasi sebagai UGGp pada tahun ini.

“Selanjutnya, diperlukan persiapan nominasi dengan sebaik-baiknya dengan merujuk pada Operational Guidelines UGGp, serta dilakukan peninjauan untuk menilai sejauh mana kesiapan Geopark Natuna untuk diajukan sebagai UGGp”, jelasnya.

Sampai di Natuna tim langsungkita bawake Batu Kasah, Desa Cemaga.Dimana menurutnyaBatu Kasah merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Natuna. Terdapat puluhan Batu Granit dan bentangan pantai yang indah. Penamaan Batu Kasah sendiri berasal dari terdapat sebuah batu yang kenal dengan sebutan Batu Asah.

Ket Poto : Kadispar Natuna, Hardinansyah

Selanjutnya rombongantersebut dibawauntukpeninjauan geosite Pulau Akar, Teluk Depeh, Tanjung Datuk dan Tanjung Senubing dan mengunjungi Pusat Informasi Geologi(PIG) Natuna.

Ditempat terpisah Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Supraptitentunya sangat mendukung ataspengajuanGeopark Natuna sebagai UGGp.

“Ditunggu apa lagi,Kita semua harus serius dalam pengembangan Natuna yang melangkah maju menuju UNESCO

Global Geopark, Karena jika ststusnya sudah Global Geopark, maka Natuna akan diakui oleh dunia,”tutur Ngesti.

“Apabila Natuna ini sudah maju, sudah berkembang geoparknya, insyaAllah perekonomian masyarakat akan meningkat,”ucap Ngesti.

Liputan : Imam

Editor : Kundori