Mempawah (Suara Kalbar) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Hasib Arista mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H.
Hal tersebut disampaikan saat ia memberikan sambutan dalam acara Tasyakuran Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H / 2024 M di Aula Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Mempawah, Rabu (7/8/2024).
“Tasyakuran ini tak sekedar wujud rasa syukur kita semua kepada Allah SWT, tapi juga menjadi sarana evaluasi, refleksi, instrospeksi dan pedoman dalam penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya,” ucap Hasib Arista.
Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kalbar Kamaludin, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kalbar Salbia.
Hadir pula, Pejabat Kemenag Mempawah, Kabag Kesmenpirit Setda Mempawah Rahmanudin, Petugas Haji Kloter 21 Kalimantan Barat, serta beberapa Jamaah Haji tahun 1445 H asal Mempawah.
“Kesuksesan ini bukan hanya hasil kerja keras kita semua, tetapi juga berkah dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, rasa syukur kita harus diiringi dengan evaluasi menyeluruh agar di masa yang akan datang, pelayanan haji bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.
Hasib Arista menekankan pentingnya mengevaluasi setiap tahapan penyelenggaraan haji, mulai dari proses pendaftaran, bimbingan manasik, pemberangkatan, hingga pelayanan selama di Tanah Suci.
Menurutnya, evaluasi ini akan menjadi landasan penting dalam menyusun strategi dan kebijakan di tahun berikutnya agar pelayanan kepada jamaah haji bisa lebih optimal dan sesuai dengan harapan.
Pelayanan kepada jamaah haji adalah amanah besar yang harus dijaga. Tentu masih ada kekurangan di sana-sini yang perlu dibenahi bersama.
“Maka dari itu, mari kita jadikan tasyakuran ini sebagai momentum untuk melihat kembali apa yang sudah kita lakukan dan apa yang bisa kita perbaiki,” imbuhnya lagi.
Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalbar Muhajirin Yanis turut mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini, khususnya di Kabupaten Mempawah.
Ia menyatakan kerja keras dan sinergi antar instansi serta dukungan penuh dari masyarakat menjadi kunci utama kesuksesan ini.
Namun, ia juga menegaskan bahwa masih ada beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian lebih untuk penyelenggaraan haji di masa mendatang.
“Mari kita terus tingkatkan kualitas pelayanan kita. Kita harus terus belajar dari pengalaman dan kritik yang membangun, agar ke depan, pelayanan haji kita semakin profesional dan berorientasi pada kepuasan jamaah,” ujar Muhajirin Yanis.