Pelatihan Kerja Diharap Tekan Angka Pengangguran di Kalbar

Pj. Gubernur didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Drs. Hermanus, meninjau ruang-ruang praktik kerja di UPT. Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar.[SUARAKALBAR.CO.ID/Yati S]

Pontianak (Suara Kalbar) – Sejumlah peserta pelatihan ketrampilan kerja mengikuti  Pelatihan Berbasis Kompetensi di Pusat Sertifikasi Tenaga Kerja UPT. Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar.

Pj. Gubernur Kalbar Harisson mengatakan pelatihan menjadi sangat penting terlebih yang berbasis kompetensi dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar kerja dan mendorong terciptanya sumber daya manusai yang berkualitas di Kalimantan Barat.

“Adanya pelatihan ini tentu mendorong peningkatan tenaga ahli di Kalbar sehinga menekan pengangguran yang saat ini masih ditemukan,” kata Harisson Selasa (09/07/2024) siang.

Harisson menuturkan jika pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memastikan kelancaran proses perizinan investasi sehingga para peserta pelatihan nantinya dapat memanfaatkan investor yang membutuhkan tenaga kerja.

“ Kita ingin mempermudah pembukaan lapangan kerja dengan adanya investasi-investasi yang masuk ke Kalbar,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan yang diberikan, para peserta mampu menciptakan lapangan pekerjaan atau mitra kerja dapat menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga angka pengangguran terbuka terus merosot.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Yati SEditor: Diko Eno