TP PKK Kalbar Ikut Kampanyekan Gemarikan di Sekadau

Kegiatan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Rumah Betang Youth Center Kabupaten Sekadau, Kamis (13/6/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar) – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Barat (Kalbar) Windy Prihastari kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan itu dilaksanakan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan, dan penurunan stunting di Kalimantan Barat. Pada kegiatan itu juga diluncurkan Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA).

Windy Prihastari menyampaikan dukungannya pada pelaksanaan gemar makan ikan ini, dia juga mengapresiasi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar Frans Zeno dan Kadis Ketahanan Pangan Kalbar Ir. Herty Herawati, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya saat ini Kalbar dihadapkan pada gerakan bersama untuk menurunkan angka stunting, gerakan itu terimplikasi secara terstruktur, sistematis dan masif. Diawali sosialisasi stunting, edukasi gizi ibu hamil dan balita serta pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai makanan yang kaya akan protein.

Lebih lanjut, Windy menjelaskan setelah dilakukan sosialisasi tiga menu komponen utama yang baik untuk makanan pendamping ASI, maka selanjutnya aksi nyata dengan pemberian bantuan, dan memasifkan gerakan makan ikan

Seperti kedatangan TP PKK Kalbar ke Kabupaten Sekadau yang juga memberikan bantuan kepada 10 anak stunting yang akan didampingi lewat program Kakak Asuh Stunting (Kating). Kakak asuh stunting ini berasal dari organisasi kepemudaan, dan masyarakat yang turut bersama untuk berperan dalam menurunkan angka stunting di Kalbar.

“Sudah saatnya kita mendampinginya dan memberikan bantuan makanan yang diperlukan mereka, salah satunya dengan mensosialisasikan gemar makan ikan ini, ” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS