DKP Kalbar Kampanyekan Gemarikan di Sekadau

Kegiatan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Rumah Betang Youth Center Kabupaten Sekadau, Kamis (13/6/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar Frans Zeno ungkap angka konsumsi ikan di Kalbar masih di bawah rerata nasional. Kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Rumah Betang Youth Center Kabupaten Sekadau, Kamis (13/6/2024).

Frans Zeno mengatakan kegiatan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ini merupakan upaya Pemprov Kalbar untuk bersama-sama meningkatkan angka konsumsi ikan. Angka konsumsi ikan di Kalbar masih di bawah angka nasional, di mana secara nasional sudah di angka 58 kilo perkapita per tahun, sedangkan di Kalbar baru 51 kilo perkapita per tahun.

“Berangkat dari itu dilaksanakan kegiatan pagi ini. Kita bersama-sama dari pemerintah dan masyarakat, untuk menghilangkan stigma di masyarakat terkait konsumsi ikan. Kami memilih Sekadau karena lokasinya strategis, di tengah Kalbar dan konsumsi ikan juga ada di Kabupaten Sekadau, ” kata Frans Zeno.

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari ini melibatkan perwakilan Pj Gubernur Kalbar dan TP PKK Kalbar dan Kabupaten. Pada kegiatan itu juga diberikan paket bubur ikan untuk 50 balita dan paket gemar ikan kepada 200 penerima yang hadir.

Frans Zeno juga menitipkan program orang tua asuh stunting, di mana ada lima anak asuh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar. Ada juga lima anak asuh dari Bank Kalbar.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan peluncuran Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), oleh Dinas Ketahanan Pangan Kalbar, diharapkan program ini bisa berjalan dan dalam 3 bulan bisa mengalami peningkatan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS