Kalbar  

Pj Gubernur Kalbar Lepas Touring PSF Borneo Explore

Peserta Touring Pajero Sport Family (PSF) Borneo Explore 360 di Halaman Pendopo Gubernur Kalbar, Jumat (20/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Adpim Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson bersama Pj Ketua TP-PKK Kalbar yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar Windy Prihastari melepas rombongan touring Pajero Sport Family (PSF) Borneo Explore 360 di Halaman Pendopo Gubernur Kalbar, Jumat (20/6/2024).

Harisson menjelaskan bahwa rombongan Touring ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan memulai Touring (titik start) dari Kota Pontianak hingga melakukan pariwisata ke perbatasan (cross border tourism).

“Startnya (mulai) hari ini, dari Pontianak menuju ke Aruk, Malaysia, Brunei Darussalam terus kembali ke Kalimantan Timur kemudian balik lagi ke Pontianak Provinsi Kalbar (finish). Mereka nantinya akan melakukan bakti Sosial dan menjelajah wisata di Kalbar dan akan dipromosikan ke daerah mereka,” ujar Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Dirinya mengapresiasi rombongan Pajero Sport Family chapter Bekasi yang menyelenggarakan touring di Provinsi Kalbar.

“Manfaatnya kegiatan ini, mereka bisa mempromosikan daerah wisata kita seperti event-event, kuliner, budaya dan alam. Mudah-mudahan semakin banyak lagi kegiatan nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Provinsi Kalbar,” katanya.

Tak lupa Harisson mendo’akan para rombongan touring agar tiba ketempat tujuan dengan selamat dan selalu dalam keadaan sehat.

“Saya doakan bapak atau ibu yang melakukan touring ini lancar dan kembali ke titik finish dalam keadaan sehat tanpa ada halangan di jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari mengatakan bahwa agenda ini merupakan suatu promosi wisata yang ada di Kalbar khususnya pada program Cross Border Tourism.

Mengenal program Cross Border Tourism yang merupakan kegiatan pariwisata di daerah perbatasan. Dimana Kalimantan Barat dianugerahi memiliki lintas perbatasan yang panjang dengan negara tetangga, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai penyumbang wisatawan asing masuk ke Provinsi Kalbar.

“Dengan ini kami membuat program – program wisata Cross Border, yang mana agenda tersebut sudah disesuaikan dengan trend wisata saat ini, dimana wisata adventure sangat diminati dan Provinsi Kalbar tentunya sudah siap menyambut Wisata Adventure Cross Border seperti saat ini. Hal ini guna mendorong sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan agar lebih dikenal oleh masyarakat di luar Provinsi Kalbar maupun luar negeri, tidak hanya dilingkup Indonesia,” kata Windy.

Windy berpesan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalbar agar wisatawan mau berkunjung kembali.

“Diharapkan juga pelayanan dan keramahan dari masyarakat Kalbar agar mereka merasa betah dan terpenting wisatawan mau datang lagi ke Kalbar. Mereka ini (wisatawan) akan menjadi duta-duta promosi ketika mereka kembali ke daerah mereka masing-masing,” pesannya.

Berdasarkan survey bahwa para wisatawan yang datang ke Kalbar karena adanya event-event, kuliner, budaya dan destinasi wisata.

“Strategi ini terus kita lakukan dengan menyelenggarakan beberapa macam event serta mempersiapkan wisata-wisata yang memang diunggulkan dan dampaknya pada tahun 2023 kemarin kunjungan wisatawan ke Kalbar berada diurutan 6 terbanyak se-Indonesia,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS