Pj Bupati Sanggau Buka Rakortek Bencana

Pj Bupati Sanggau Buka Rakortek Bencana.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Istimewa]

Sanggau(Suara Kalbar) -Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman membuka Rapat Koordinasi Teknis (RAKORTEK) Sub Urusan Kebencanaan dalam rangka penguatan kelembagaan multi sektor penyelengaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau Tahun 2024 bertempat di Aula Sabang Merah Kantor Bupati Sanggau, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan tersebut juga diadiri Kasubdit Fasilitas Penyelamatan dan Evakuasi BNPB Gatot Satria Wijaya serta stakeholder terkait lainnya.

Penjabat Bupati Sanggau saat membuka kegiatan mengapresiasi kegiatan Rakortek kebencanaan yang dihadiri oleh berbagai komponen termasuk dari tingkat desa untuk selalu solid dalam penanganan bencana.

“Ini akan menjadi forum untuk membahas dan merumuskan kebijakan penanggulangan bencana yang lebih efektif dan efisien, adalah bukti, bahwa kita semua benar-benar berkomitmen dalam mengupayakan keselamatan rakyat dari ancaman bencana,”katanya.
Pada saat ini telah ada perubahan paradigma dalam penanganan bencana yang menyangkut tiga hal yaitu, manajemen resiko, perlindungan dari ancaman bencana dan hak asasi manusia .

“Penanganan bencana tidak lagi berfokus pada aspek tanggap darurat tetapi lebih pada keseluruhan manajemen resiko dan perlindungan masyarakat dari ancaman bencana oleh pemeritah juga bagaimana pemenuhan hak asasi manusia,”ujarnya.
Penanganan bencana bukan semata-mata karena kewajiban pemerintah, penanganan bencana bukan lagi hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi urusan bersama antara pemerintah, dunia usaha, media massa, kelompok sosial, komunitas dan professional.

“Hal ini menjadi otomatisasi untuk upaya penanggulangan bencana multisektor agar menjadi lebih responsif dan adaptif dalam upaya mitigasi dan respon untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh terhadap bencana”,ajaknya.

Rakortek ini menjadi sarana koordinasi antar perangkat daerah, para pemangku kepentingan multisektor di tingkat daerah dan sinkronisasi 6 keterpaduan program kerja daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau.

“Ini menjadi langkah strategis pencegahan dan penanggulangan bencana,”tutup Suherman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Darmansyah DEditor: Diko Eno