Sambas  

Konsepsi Harmonisasi Raperda Kabupaten Sambas

Rapat pengharmonisan, pembulatan dan pemantapan konsepsi Rancangan Peraturan Daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas di Sambas, Selasa (11/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Zulfian.

Sambas (Suara Kalbar)- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar rapat pengharmonisan, pembulatan dan pemantapan konsepsi Rancangan Peraturan Daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas di Sambas, Selasa (11/6/2024).

Rapat dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah Kemkumham Kalimantan Barat Muhammad Tito Andrianto. Dari DPRD Kabupaten Sambas hadir Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar, para Wakil Ketua DPRD, Ketua dan Anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Kabupaten Sambas.

Ada dua rancangan Peraturan Daerah yang dibahas Kemkumham Kalbar bersama DPRD Kabupaten Sambas. Yakni Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sambas tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Asal Kabupaten Sambas dan Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sambas tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

“Rapat dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat hari ini sebagai tindak lanjut dari kanwil atas surat DPRD Kab Sambas yang mengajukan dua raperda sebagai bahan pengharmonisan, pembulatan dan pemantapan konsepsi harmonisasi perancangan Perda,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar.

Dua raperda dimaksud kata Abu Bakar, merupakan Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Sambas. Pada pertemuan itu, hadir dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, seperti dari Bagian Hukum Setda Kab Sambas, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Sambas.

“Dengan harmonisasi ini, kita harapkan raperda inisiatif DPRD ini nantinya memenuhi kaidah-kaidah penyusunan Raperda. Sehingga menghasilkan regulasi yang benar-benar bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas,” kata H Abu Bakar.

Ketua DPRD Kabupaten Sambas ini mengatakan rapat harmonisasi ini merupakan langkah penting dalam penyusunan 2 Raperda Kabupaten Sambas inisiatif DPRD Kabupaten Sambas.

“Kita harapkan dengan harmonisasi ini, akan menghasilkan regulasi yang nantinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan terbaru dan mendukung penyelenggaraan tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Sambas dan Penyelenggaraan Perpustakaan,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS