Jadi Peserta JKN Saat Sehat Untuk Proteksi Kesehatan di Masa Mendatang

Indra (25) merupakan salah satu Agen Pesiar asal Desa Peniti Dalam Satu Kabupaten Mempawah belum lama ini. SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Istimewa.

Pontianak (Suara Kalbar)- Indra (25) merupakan salah satu Agen Pesiar asal Desa Peniti Dalam Satu Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat mengaku banyak manfaat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ia bergabung menjadi Agen PESIAR sejak bulan Mei lalu, PESIAR merupakan singkatan dari Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Perangkat Desa untuk melakukan advokasi dalam rangka memastikan masyarakat yang belum terlindungi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) agar mendapatkan perlindungan. Kegiatan PESIAR ini dilakukan oleh Agen PESIAR berdasarkan rekomendasi dari Kepala Desa setempat.

Bagi Indra menjadi Agen PESIAR sangat menarik dan membuatnya antusias karena dapat menjangkau seluruh masyarakat di desanya. Ia mengatakan lebih baik menjadi peserta Program JKN selagi sehat dari pada sudah sakit baru mendaftar.

Sebagai kader di Desa Peniti Dalam Satu Indra merasa memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan advokasi agar masyarakat yang tergolong mampu dapat mendaftar ke Program JKN dengan menjadi peserta mandiri, sementara yang tidak mampu akan dilakukan pendataan untuk dilakukan pengajuan menjadi PBI melalui Dinas Sosial.

“Menjadi peserta Program JKN saat sehat itu lebih baik dari pada menunggu sakit baru mendaftar. Karena kita tidak tahu sakit bisa datang kapan saja, dengan menjadi peserta JKN kita tak perlu khawatir untuk membayar biaya berobat karena semua sudah ditanggung Program JKN,” katanya.

Selain itu sekarang sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan salah satunya iuran yang sangat terjangkau dengan Rp 35 ribu /jiwa/bulan sudah bisa mendaftar di kelas 3. Tidak perlu khawatir ketika mendaftar kelas 3 karena layanan medis tetap sama, yang terpenting jangan lupa untuk bayar iuran dengan tertib setiap bulan agar kepesertaan tetap aktif.

Selain iuran yang terjangkau, Indra juga mengatakan BPJS Kesehatan juga menyediakan Aplikasi Mobile JKN yang sudah menjawab sebagian besar kebutuhan layanan administrasi peserta JKN. Dirinya merupakan salah satu peserta yang sangat terbantu dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN. Melalui Mobile JKN ia dapat mengupdate data kepesertaan, melalui Mobile JKN peserta juga bisa mengetahui informasi lokasi fasilitas kesehatan diseluruh Indonesia.

“Tidak perlu khawatir ketika suatu saat pindah domisili, melalui Mobile JKN kita dapat melakukan perpindahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan mudah lengkap dengan informasi daftar faskes yang kita inginkan,” paparnya.

Dirinya juga selalu menggunakan Aplikasi Mobile JKN. “Kalau mau berobat saya juga memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk menampilkan kartu digital sehingga tak perlu khawatir tidak bisa berobat karena tidak bawa kartu, semua tersedia di Aplikasi Mobile JKN. Selain kartu digital saat ini sudah dipermudah karena KTP/NIK juga sudah menjadi identitas peserta JKN. Jadi dengan menunjukan KTP/NIK saja layanan kesehatan sudah bisa diakses dengan mudah,” jelas Indra.

Selain Mobile JKN Indra kerap menginfokan kepada masyarakat yang bertanya kepadanya terkait layanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) BPJS Kesehatan. Cukup chat ke nomor 08118165165 masyarakat juga bisa mengakses berbagai layanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Bagi peserta yang terkendala atau tidak bisa menggunakan Aplikasi Mobile JKN dapat juga memanfaatkan layanan ini.

“Mungkin tidak semua masyarakat dapat menggunakan aplikasi apalagi masyarakat yang berada di wilayah pedesaan. Nah melalui PANDAWA masyarakat cukup chat saja dan pilih layanan yang diinginkan. Untuk masyarakat yang mungkin memiliki keterbatasan dalam mengakses internet jangan ragu untuk menghubungi Agen PESIAR di desa masing-masing. Kami siap membantu agar seluruh masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh Program JKN. Dengan gotong-royong semua tertolong,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS