Opini  

Inspirasi Lahir dari Seorang Ibu

Oleh: Bayu, M.Pd

Berbicara tentang seorang perempuan inspirasi maka saya tidak perlu jauh mencari sosok tersebut, karena sosok perempuan inspirasi tersebut biasa saya panggil dengan sebutan ibu. Namanya adalah Norham (74), beliau merupakan perempuan yang telah melahirkan 11 orang anak dan saya merupakan anak terakhir dari 11 bersaudara tersebut.

Maka dari itu kita sebagai manusia tentunya memiliki banyak mimpi, harapan dan cita-cita. Mimpi-mimpi kita tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan kitalah yang harus mewujudkan semua mimpi-mimpi tersebut. Untuk menggapainya kita memerlukan berbagai usaha dan pengorbanan. Melakukan usaha terebut sungguh tidaklah mudah, banyak hambatan dan rintangan yang harus kita hadapi. Rintangan tersebut dapat berupa masalah ekonomi, pengaruh lingkungan, bahkan rasa yang muncul dari dalam diri kita sendiri, yaitu malas.

Mimpi dan cita-cita tidak dapat terwujud jika kita hanya bermalas-malasan. Kesuksesan dalam mewujudkan cita-cita tidak pernah datang dengan sendirinya. Untuk itulah kita membutuhkan motivasi untuk memberantas masalah malas itu. Hanya dengan semangat, motivasi yang tinggi dan usaha yang terus menerus itulah kita dapat mewujudkan segala mimpi dan cita-cita kita.

Setiap orang memiliki bentuk motivasi yang berbeda-beda. Motivasi bisa muncul ketika kita sedang malas atau “enggan” melakukan berbagai hal yang mana hal tersebut merupakan pendorong terwujudnya cita-cita kita. Misalnya dalam mengerjakan tugas kuliah atau sekolah.

Mengerjakan tugas menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi para mahasiswa dan siswa sekolah, sehingga ujung-ujungnya hanya rasa malas yang memenuhi hati dan pikiran kita. Ada sebagian orang yang hanya mendengarkan musik maka motivasinya dapat kembali ter-charge ada juga melampiaskan ke jejaring sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya.

Namun, tahukah kalian bahwa ada satu motivasi dan inspirasi sangat besar serta memiliki pengaruh yang cukup kuat bagi anak-anak? Ya. Motivasi dan inspirasi tersebut hampir dimiliki oleh seluruh anak-anak di dunia. Motivasi dan inspirasi tersebut adalah sosok seorang ibu. Ibu dapat menjadi motivasi dan inspirasi terbesar karena banyak sekali anak-anak yang ingin membalas semua budi baik ibunya.

Motivasi ini dapat muncul karena adanya keinginan dari seorang anak untuk dapat membahagiakan ibunya. Terlebih anak tersebut adalah anak rantauan yang jauh dari ibunya. Maka keinginan untuk menjadi orang sukses semakin besar.

Banyak fakta menunjukkan bahwa ketika seorang anak sedang malas melakukan berbagai hal namun tiba-tiba saja dia teringat akan ibunya maka rasa malas tersebut langsung saja hilang dan berganti dengan semangat yang membara untuk sukses.

Mengapa harus ibu? Karena tidak ada satu anak pun di dunia ini yang tidak ingin membahagiakan ibunya, meskipun kita sering melihat di dalam kehidupan nyata ada seorang ibu yang sikap dan sifatnya tidak patut untuk dicontoh oleh anak-anaknya. Namun terlepas dari itu semua, banyak sekali anak yang ingin membahagiakan ibunya.

Orang tua kita terdiri dari seorang ibu yang telah mengandung, melahirkan, bahkan merawat kita hingga kita tumbuh besar dan dewasa. Lalu ada sorang ayah yang telah rela kerja banting tulang mencari nafkah demi menghidupi istri dan anak-anaknya, nafkah tersebut dapat kita rasakan ketika ayah harus membayar biaya persalinan kelahiran kita,biaya ketika kita sakit biaya ketika kita masuk sekolah, dan sebagainya.

Seorang anak pasti berpikir begitu banyaknya jasa yang telah kedua orang tua berikan untuk dirinya. Lalu bagaimana kita harus membalas jasa-jasanya? Hanya dengan membuat mereka bahagia lah kita dapat membalas jasa-jasanya, itupun belum seberapa karena masih banyak hal yang tidak sebanding dengan apa yang telah mereka korbankan untuk kita. Kuncinya adalah motivasi tersebut muncul karena ada keinginan dari seorang anak untuk membahagiakan kedua orangtuanya.

Untuk itulah, tetap jadikan ibu sebagai motivasi dan inspirasi terbesar kita dalam menggapai semua mimpi-mimpi, harapan, dan cita-cita kita. Karena hanya dengan do’a ibu kitalah, kita dapat menggapai itu semua. Lalu jadilah kita anak yang akan selalu membahagiakan ibu dan berusaha mewujudkan semua cita-cita ibu kita yang belum terwujud.

Satu hal terpenting yang harus kita semua ingat bahwa motivasi tanpa usaha itu sama saja dengan omong kosong. Maka teruslah berusaha dan berdoa, teruslah semangat dan ingat ibu kita, hanya itulah yang dapat menghantarkan kita menuju gerbang kesuksesan dengan menggenggam semua mimpi-mimpi kita, semua harapan-harapan kita dan semua cita-cita kita. SEMANGAT !!!

Ibu merupakan sosok yang ada di belakang apa yang telah saya capai saat ini. Saya selalu menghargai ibu. Ibu, dalam kehidupan saya merupakan figur yang selalu memberi inspirasi, motivasi, juga pembimbing dalam hidup.

Kesuksesan seorang (anak) tidak terlepas dari doa ibu. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk menghargai dan berusaha membuat ibu saya bahagia. Tentunya dengan prestasi, karena kebahagiaan ibu bukan karena diberikan materi, melainkan bisa membuat dia senyum bahagia dengan apa yang kita hasilkan.

Ibu adalah orang yang harus kita hormati dan hargai dalam hidup ini. Bagaimana tidak, peran dan jasa ibu bagi kita sangatlah besar dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa untuk mendidik dan membesarkan kita. Saya bangga terhadap ibu saya yang merupakan sosok perempuan penuh inspirasi, saya berharap ibu kekal hidup abadi selamanya dan Allah SWT tidak pernah memisahkan saya dengan ibu.

Ketika melihat semangat beliau, saya selalu merasa menjadi anak yang selalu beruntung walaupun terkadang disekitar membuat saya merasa bukan orang yang beruntung. Tanpa mereka saya bukan apa-apa.

Ibu selalu memberikan optimisme dan mendukung apapun yang saya lakukan, setiap pagi saya selalu mendapat penyemangat dari ibu.

Ibu selalu mempercayaiku, ketika aku meminta pendapat dengan pertanyaan bagaimana ini ibu “dengan nada bingung” ibu memberikan jawaban : ibu percaya kamu bisa melakukannya.

Ibu adalah seorang pembohong besar. . . Ibu selalu berbohong kepada saya, setiap kali saya menanyakan apa ibu baik-baik saja, beliau menjawab iya baik, padahal beribu beban yang dipikulnya. Demi supaya tidak menjadi pikiran bagi anaknya.

Bangga bisa mempunyai ibu yang mana dengan kesederhanaan yang ia miliki membuat saya bisa kuat menjalani hidup ini. Tapi dengan demikian saya dapat belajar arti kehidupan sesungguhnya.

Ibu seorang yang tegar menjalani hidup ini dengan segala keterbatasan yang dimiliki beliau tipe orang yang pantang menyerah. Dimana beliau kerjanya hanya sebagai pembuat tikar dan selalu bangun awal untuk pergi ke kebun karet.

Walaupun ibu seseorang yang biasa dimata orang-orang tapi dimata saya ibu merupakan sosok yang sangat luar biasa, ibu bisa membuat saya menyelesaikan pendidikan sarjana bahkan sampai menyelesaikan pascasarjana. Sungguh luar biasa perjuangan dan pengorbanan yang telah ibu berikan kepada saya.

Spesial puisi untuk sosok ibu sebagai seorang yang penuh Inspirasi..!!

“MAAFKAN AKU IBU”

Ibu. . .

Selalu tampak bahagia dihadapan ku…

Tak sedikitpun lelah terlihat di wajah mu…

Padahal kau menyimpan deritamu…

Karena aku tidak seperti yang kau mau…

Maafkan aku ibu…

Ibu. . .

Izinkan aku basuh air matamu…

Agar aku pahami jeritan hatimu…

Ketika ku mulai tumbuh menjadi anak yang kadang kecewakan mu…

Maafkan aku ibu…

Ibu. . .

Maaf sering membuatmu khawatir…

Membuat resah…

Maaf kadang membuatmu malu karena ulahku…

Maafkan aku ibu…

Ibu. . .

Sering memberi nasehat padaku…

Tapi seringkali diabaikan oleh ku…

Tak menghiraukan kata-kata mu…

Aku terlalu egois padamu…

Maafkan aku ibu…

Jadikan ibu sebagai perempuan yang istimewa karena bisa menjadi seorang yang  dapat memotivasi dan juga menginspirasi bagi banyak orang.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

Penulis: Tim LiputanEditor: Kundori