Hari Lanjut Usia Nasional ke-28, Pj Wako Pontianak Ajak Lansia Tetap Produktif

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-28. SUARAKALBAR.CO.ID/Prokopim Pontianak. 

Pontianak (Suara Kalbar)- Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024, Dinsos Kota Pontianak mengundang para lansia untuk merayakan bersama di halaman Dinsos Kota Pontianak, Kamis (13/6/2024).

Pada peringatan itu, seorang lansia bernama Ahmad (75) terlihat terharu saat mendapat kue ulang tahun merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-47 bertepatan dengan HLUN. Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak Anita Ani Sofian juga turut mengucapkan selamat kepada Ahmad.

“Saya doakan Pak Ahmad mudah-mudahan sehat selalu, panjang umur, dan kalau merasa sakit, periksakan diri ke posyandu terdekat. Sampaikan salam saya kepada istri Pak Ahmad dan keluarga,” ujarnya

Pada kegiatan itu, para lansia juga menerima bantuan berupa paket sembako, tali asih dan kursi roda bagi mereka yang membutuhkannya. Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian berharap para lansia bisa menikmati berkah usia yang sudah dijalani selama ini.

Ia berpesan agar warga lansia meningkatkan amal ibadah, melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya serta tetap produktif. Serta memberi contoh positif kepada anak-anak dan cucu-cucunya supaya lansia di Kota Pontianak ini tetap bahagia dan sejahtera.

Meski di usia lanjut, Ani Sosial berpesan kepada warga lansia untuk tetap produktif. Paling tidak mereka memberi peran minimal pada diri sendiri dan keluarga. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak juga berkomitmen dalam memfasilitasi warga lansia di semua lini dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan publik di Kota Pontianak.

“Kita juga berkeinginan mewujudkan Pontianak sebagai Kota Ramah Lansia dengan menyediakan posyandu lansia. Selain itu, Dinsos Kota Pontianak juga konsen memberikan perhatian kepada para lansia,” imbuhnya.

Kepala Dinsos Kota Pontianak Trisnawati menerangkan, sebagaimana arahan Menteri Sosial bahwa pemerintah daerah harus peduli dan turun langsung memantau lansia yang ada di wilayah masing-masing.

Beberapa program yang dilakukan oleh Dinsos Kota Pontianak sesuai dengan arahan dari Menteri Sosial adalah melakukan kunjungan langsung, pemberian bantuan berupa sembako kepada lansia yang ada di tiga kecamatan. Saat ini jumlah warga lansia di Kota Pontianak tercatat sekitar 6 ribu orang.

Pada HLUN tahun ini, pihaknya juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 75 warga lansia yang tersebar di enam kecamatan. Pemeriksaan kesehatan gratis juga disediakan pihaknya serta pembaharuan dokumen kependudukan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS