Akhir Juni, Pemkot Pontianak Mulai Kembali CFD di Jalan A Yani 

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian saat menyampaikan rencana pembukaan kembali zona Car Free Day di Kota Pontianak, Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Prokopim Pontianak. 

Pontianak (Suara Kalbar)– Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menerangkan, pelaksanaan CFD akan dilaksanakan kembali mulai tanggal 30 Juni mendatang di Jalan Ahmad Yani (Ayani), Kalimantan Barat.

“Sama dengan yang dulu, kemudian sempat ditiadakan karena pandemi covid. Sekarang kita berharap masyarakat bisa berolahraga dengan nyaman,” kata Pj Wako Pontianak di Kantor Wali Kota, Jumat (21/6/2024).

Ani Sofian menilai, CFD di Jalan Ayani lebih berkesan dan menarik lebih banyak pengunjung. Didukung pula dari sisi ruang terbuka, di mana ruas Jalan Ayani lebih luas dari tempat sebelumnya. Sehingga menurutnya, masyarakat bisa lebih menikmati suasana Kota Pontianak sembari berolahraga.

“Apalagi sekarang olahraga sudah kian digemari, berbagai kalangan masyarakat saya melihat menggunakan trotoar Jalan Ayani sebagai sarana berolahraga, ada yang jogging dan lainnya,” ucap Ani Sofian.

Kota Pontianak, kata Ani Sofian, dikenal karena tiga hal yaitu, sikap toleransi masyarakat, kebersihan dan bebas dari bunyi klakson. Ia mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk saling menjaga dan memelihara setiap potensi yang dimiliki.

Ani Sofian menambahkan, penyediaan sebuah kawasan CFD merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Masyarakat bisa mengisi waktu liburannya dengan melakukan aktivitas bermanfaat dengan berolahraga.

“Salah satu indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ada usia harapan hidup, unsur kesehatan sangat berpengaruh, kita ingin mendorong lagi dengan menyediakan wadah olahraga,” tutupnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak Trisna Ibrahim menjelaskan, berdasarkan hasil rapat dengan forum lalu lintas, CFD akan berlangsung setiap hari Minggu dimulai dari pukul 06.00-09.00 WIB.

“Segmen dari Jalan Perdana sampai dengan Gedung ATM BCA. Arus lalu lintas dialihkan ke bagian sebelah ruas,” paparnya.

Trisna menyebut, pihaknya akan berpatroli memantau pelaksanaan CFD agar tetap tertib dan lancar. Tentunya dibantu juga oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian baik itu Polresta dan Dirlantas Polda bersama Dishub.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS