Yustianus Hadiri Pesta Gawe Padi Kecamatan Capkala: Wujud Syukur Kepada Jubata

Sekretaris Daerah Yustianus, mewakili Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menghadiri acara pesta gawe padi Kecamatan Capkala ke-1 tahun 2024 di Desa Capkala Kecamatan Capkala.[SUARAKALBAR.CO.ID/Kurnadi]

Bengkayang (Suara Kalbar) – Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang, Yustianus, mewakili Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, menghadiri acara Pesta Gawe Padi Kecamatan Capkala ke-1 tahun 2024 yang diselenggarakan di Desa Capkala, Kecamatan Capkala.

Ketua Panitia Pelaksana, Linus, dalam laporannya menyampaikan bahwa tradisi Gawe Padi di Kecamatan Capkala telah dilaksanakan sejak tahun 1970-an setiap tanggal 20 Mei. Biasanya, acara ini dilakukan secara sederhana oleh masyarakat Capkala. Namun, untuk tahun 2024, pelaksanaan Gawe Padi dilakukan dengan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Sekretaris Daerah Yustianus, dalam sambutannya yang mewakili Bupati, menekankan bahwa Gawe Padi merupakan acara ucapan syukur masyarakat Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat, khususnya Kecamatan Capkala. Acara ini sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen padi yang diberikan oleh Jubata atau Tuhan kepada manusia.

Ucapan syukur kepada Jubata atau Tuhan tersebut memiliki tiga (3) aspek utama yaitu : aspek agraris, aspek religius dan aspek komunal.

Dan sesuai dengan Peraturan Daerah atau Perda Kabupaten Bengkayang Nomor 64 tahun 2020 tentang Pemajuan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang,

:Atas nama Bupati Bengkayang saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat kecamatan Capkala yang telah mampu mengimplementasikan nilai budaya adat istiadat dan olahraga tradisional pada acara gawe padi yang pertama di Desa Capkala serta menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Capkala untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan industri budaya dan pariwisata daerah mengingat Kabupaten Bengkayang memiliki keberagaman budaya Etnik yang ditunjang dengan letak geografis yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Sarawak Malaysia Timur sehingga sangat potensial untuk mendatangkan para wisatawan lokal dan mancanegara,”katanya.

Turut hadir pada acara tersebut Camat Capkala Edward Haris, Kapolsek Capkala,Kepala Puskesmas Capkala, Ketua DAD Capkala, para Kepala Desa dan Ketua Adat Desa Se-Kecamatan Capkala dan para undangan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS