Luhut Tolak Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Ini Alasannya

DOK- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Baru-baru ini Luhut melontarkan pernyataan bahwa operasi tangkap tangan KPK dapat memperburuk citra Indonesia. (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)

Jakarta (Suara Kalbar)- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa ia sempat ditawari oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto, untuk menjadi menteri di kabinet pemerintahan mendatang. Namun, Luhut menolak tawaran tersebut.

“Beliau (Prabowo) sudah meminta (menjadi menteri). Saya katakan tidak (lanjut jadi menteri),” kata Luhut setelah menghadiri upacara Segara Kerthi, World Water Forum ke-10 di kawasan Kura-kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024).

Meski menolak posisi menteri, Luhut menyatakan kesiapannya untuk menjadi penasihat guna membantu Prabowo Subianto.

“Saya siap membantu sesuai permintaan beliau sebagai penasihat, jika bantuan tersebut masih diminta,” kata Luhut.

Luhut meyakini bahwa Prabowo akan melanjutkan program-program yang telah dirintis sejak periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Beliau akan meneruskan (program Jokowi). Tentu mungkin di sana-sini ada penyesuaian, tetapi saya pikir apa yang sudah diletakkan oleh Pak Joko Widodo adalah suatu fondasi yang sangat-sangat baik,” kata Luhut.

Diketahui, Luhut sebelumnya sempat berpesan kepada Prabowo untuk tidak membawa orang toksik ke pemerintahannya.

“Kepada presiden terpilih, saya katakan jangan membawa orang-orang toksik ke dalam pemerintahan Anda, karena itu akan sangat merugikan kita. Saya sangat yakin presiden terpilih dapat melakukan banyak hal untuk negara ini menjadi lebih baik di masa depan,” kata Luhut dalam sambutannya di acara bertajuk “Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth” di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Prabowo akan resmi dilantik sebagai presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang, menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memimpin negara selama dua periode. Prabowo dilantik bersama wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka–yang juga putra sulung Presiden Jokowi–dalam pemerintahan mendatang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS