TMMD Regtas ke-120 di Sanggau, Kukuh: Mempererat Tali Persaudaraan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka menjadi inspektur upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan (Regtas) Ke -120 tahun 2024.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Istimewa]

Sanggau (Suara Kalbar) –Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka menjadi inspektur upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan (Regtas) Ke -120 tahun 2024 dengan tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah’ di Lapangan Bola Jon Leman, Desa Kasromego, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu (08/05/2024).

Kukuh Triyatmak dalam amanatnya mengatakan TMMD Regtas ke-120 Tahun anggaran 2024 Kodim 1204/Sanggau ini merupakan momentum yang penting yang menunjukkan semangat gotong-royong dan kebersamaan antara TNI, Pemkab Sanggau dan masyarakat.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada personil TNI yang telah bekerja sama dengan Pemkab untuk melaksanakan program TMMD di wilayah Kabupaten Sanggau, Saya berharap kolaborasi yang kuat ini dapat berjalan sukses dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan di Sanggau,”katanya.

Pemkab Sanggau lanjut Kukuh, mendukung penuh pelaksanaan TMMD dengan selalu berkoordinasi dan menyediakan anggaran setiap tahunnya, serta secara teknis melalui dinas PUPR untuk mendampingi sebagai perencana dan pengawasan di kegiatan fisiknya.

“Selain itu Pemkab juga memberikan dukungan pendanaan untuk kegiatan karya bhakti TNI dalam rangka pembangunan infrastrukstur teruatama di daerah terpencil dan perbatasan,”ujarnya.

TMMD Tahun anggaran 2024 di Kabupaten Sanggau ini yang dimulai hari ini hingga 6 juni 2024 mendatang, merupakan upaya Pemerintah dalam melaksanakan program atau kegiatan di daerah terpencil dan perbatasan melalui kegiatan pembangunan infrastruktur (fisik) dan Non fisik.

“Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan adalah penanganan jalan berserta bangunan pelengkapnya seperti jembatan dan gorong-gorong di ruas jalan yang menghubungkan dari dusun Muara Ilai ke Dusun Pelinduk sepanjang 12 Kilometer. Untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat di bidang wawasan kebangsaan, kamtibnas, kesehatan, pertanian dan lain-lain,”ungkap Kukuh.

Pembangunan infrastuktur jalan mempunyai peranan penting dalam pengembangan wilayah, yaitu untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan antar wilayah, pemerataan hasil-hasil pembangunan melalui distribusi barang dan jasa, prasarana vital penunjang semua aktivitas masyarakat serta pemantapan pertahanan dan keamanan dalam rangka mewujudkan pembangunan Nasional.

“Harapannya dengan adanya TMMD ini, masyarakat dapat merasakan dampak positif yang langsung dan signifikan terutama masyarakat di Desa Sungai Ilai. Saya ingin menekankan pentingnya peran aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan kegiatan TMMD. Karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kelancaran dalam mengangkut hasil perkebunan, pertanian, akses kesehatan dan akses pendidikan,”harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh mengajak untuk menjadikan TMMD ini sebagai momentum mempererat tali persaudaraan, memupuk semangat gotong-royong, dan menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat.
Sementara itu Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko menyampaikan untuk keterlibatan personil yaitu dari Dansatgas Dan Staf, Tim Asistensi/ Penyuluh, SSK, Kodim 1204/Sanggau, Yonmek 643/Wns, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Yonzipur 6/SD, Polri dan Masyarakat.

“Sasaran kegiatan dibagi dua, yaitu kegiatan fisik berupa peningkatan badan jalan Desa Sei Ilai sepanjang 12 km dan pembangunan Gorong- Gorong Sebayak 7 titik. Sedangkan kegiatan Non Fisik seperti penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Narkoba, Kesehatan KB, Stunting, Posyandu, Posbindu KPM, Pertanian, Peternakan Dan Perikanan serta Bakti Sosial yang dilaksanakan kurang lebih Selama 30 Hari,”tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Ops Korem 121/Abw Letkol Inf Jumadal Aulia, Dansatgas Pamtas Ri- Malaysia Yon Armed 16/Tumbak Kaputing Letkol Arm. Andreas Prabowo Putro, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, Pabandya Bakti TNI Sterdam Xll/TPR .Mayor Inf Dewa Made, Ketua Umum DAD Sanggau Yohanes Ontot, Camat Beduai Miko Martoyo, Pabung Kabupaten Sekadau Kodim 1204/Sanggau Mayor Inf M Yunus, Danramil Sekayam Mayor Inf Asep Tristan, Danramil Beduai Serka Sihombing, Kapolsek Beduai Iptu Mujiono. Jajaran Pasi Kodim 1204/Sgu, Danramil Kodim 1204/Sanggau, Kacabjari Entikong Dwi Setiawan Kusumo, Imigrasi Kelas II TPI Entikong Syeh M. Reza, KPPBC TMP Entikong Anzori, Loka Kekarantinaan kesehatan Entikong Muarif, Kepala pos Pelayanan BP2 MI Entikong Agud Gudiyahman, Kepala Administrator PLBN Entikong Viktor Dunand, Tokoh Masyarakat dan Adat serta undangan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS