Tiga Kecamatan di Melawi Terendam Banjir, Akses Jalan dan Jembatan Putus

Banjir yang terjadi di Kabupaten Melawi merendam sejumlah rumah warga serta rumah ibadah. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Melawi (Suara Kalbar) – Musibah banjir melanda Kabupaten melawi, berdasarkan pendataan BPBD Melawi di lapangan ada tiga kecamatan dan sejumlah desa yang terendam banjir bandang yang terjadi pada Rabu (08/05/2024) sekitar pukul 05.30 WIB

Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar Daniel mengatakan banjir tersebut disebabkan oleh sungai yang meluap akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi di Kabupaten Melawi pada Rabu malam sehingga sungai tak mampu menahan debit air yang cukup tinggi.

“Kondisi tersebut berlangsung cepat dan merendam Kecamatan Pinoh Selatan, Ella Hilir dan Kecamatan Sayan,” kata Daniel Kamis (09/05/2024) pagi.

Daniel menjelaskan akibat banjir bandang yang terjadi di Melawi ratusan rumah warga, masjid dan gereja terendam serta terputusnya akses jalan dan jembatan yang menghubungan sejumlah wilayah.

“Kami masih terus mendata apakah ada fasilitas lain yang turut terdampak banjir ini,” jelasnya.

Langkah sementara yang telah dilakukan petugas yakni menyerahkan bantuan paket 60 family kit, matras, selimur serta melakuan monitoring terkait bencana banjir terlebih curah hujan masih kerap terjadi di Kalbar.

“Untuk saat ini banjir di tiga kecamatan sudah berangsur surut namun kita tetap melakukan monitoring tidak hanya di Melawi namun wilayah lain di Kalbar,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS